Saturday, November 3, 2018

#JogjaWithLove - Sayang Anak Istri Berlibur Ke Jogja

Sedih itu ketika lo liat quota cuti lo masih penuh dan belum dipake-pake.

OK fix langsung ajuin cuti 3 hari dan langsung terbayang tujuan Jogja. Langsung pesen tiket kereta kelas Ekonomi tanpa bilang-bilang dulu ke istri agar menjadi kejutan. Biar lancar di Jogja semua dipersiapkan segala sesuatunya di sini kyk Hotel cari yg ada kolem renang anak, sewa motor, beli jok motor untuk anak, tempat buat taro HP di depan kyk abang Gojek biar ga nyasar.

Hari Ke-1
Rabu, 24 Oktober 2018
09.00 - Akhirnya hari jalan-jalan pun tiba, hampir setiap hari si Kakak Aira ngomong "ayo ayah ke Jogja, ayo..ayo..". Berangkatlah menuju Stasiun Pasar Senen dengan jadwal keberangkatan kereta Bengawan jam 11.20. Duo bocil antusias sekali di kereta yang membuat kereta berisik dengan candaan + tangisan Arsa klo udah rebutan mainan sama si Aira.
Sambil menunggu kereta dateng, ada area bermain anak



20.00 - Tiba di Stasiun Lempuyangan langsung pesen Gocar, awalnya mau pesen taksi yang mangkal di pintu keluar tp entah mengapa lebih percaya dengan Gocar. Ternyata di Stasiun Lempuyangan ada zona merah bagi Ojol, jadi pengemudi Gocar meminta kita untuk menunggu di kolong flyover, keluar pintu stasiun ke kiri sekitar 50 meter.

20.30 - Kita pesen penginapan di Hotel Neo+ Awana lewat aplikasi Agoda, harga sih lumayan tp pesenan si nyonya utk cari Hotel yang ada kolam renang anak. Sampe di Hotel kita checkin, lalu si mbak nya info bahwa sisa kamar superior hanya yg smooking tp kata nya udah disemprot. Masuk kamar bau rokok nya luar biasa, mau ga mau kita komplen ke recept dan alhamdulillah rejekinya anak soleh dan solehah kita diberikan free upgrade room ke deluxe (mayan luas kamarnya dan ada sofanya hehe). 

Hari Ke-2
Kamis, 25 Oktober 2018
07.00 - Cuuss sarapan, niatnya sih hanya sarapan aja tp karena duo bocil melihat kolam renang, meraung-raung lah mereka minta berenang dulu. Datanglah si abang sewaan motor ke hotel, kita sewa motor di Jogjig.com dengan di antar langsung ke Hotel. Awalnya kita pesen scoopy FI dgn harga sewa 70rb/hari tapi si abangnya bilang sisa yang LED dgn harga sewa 80rb/hari, yasudah mau tak mau ku tak mau tak ambil yang itu. Alhamdulillah lagi rejeki anak soleh dan solehah kita diberikan harga 70rb/hari yang scoopy LED yang masih anyar alias baru (platnya masih putih merah) karena kesalahannya mereka toh, soalnya kita dah booking jauh2 hari.

10.00 - Menuju Mangunan dengan tujuan Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus Sari. Perjalanan menuju Mangunan kurang lebih 40-50 menitan, Dari rumah udah siapin tempat buat naro HP kyk babang Gojek di motor karena sama sekali ga tau jalan di Jogja. Ditengah jalan duo bocil ini tertidur pulas di atas motor mgkn lelah abis berenang. Mangunan itu bisa lewat Pathuk dan bisa lewat Imogiri, karena si embah gugel arahin lewat Imogiri dan gw jg penasaran lewat jalurnya yg menanjak kelak kelok war byasyah gw pilih lwt Imogiri. Sblm jalanan mulai nanjak dua bocil dibangunin dulu biar aman. Selama perjalanan yg nanjak berkelak kelok si Aira seneng sekali dan selalu teriak saat tanjakan, sedangkan emaknya panik diboncengin takut motornya merosot.

11.00 - Tiba kita di Kebuh Buah Mangunan, lokasinya sepi euy mgkn krn kita masuk pas hari kerja. Lokasinya lg direnovasi ditambahin spot-spot lainnya. Kita hanya foto-foto disekitaran parkiran motor dan ternyata kita skip spot terbaiknya Kebun Buah Mangunan sadarnya pas udah sampe rumah. Ternyata ada jalan kecil disamping spot foto tulisan Kebun Buah Mangunan. Karena merasa tempatnya biasa2 aja kita lanjut ke Hutan Pinus Sari yg lokasinya ga jauh dr Kebun Buah Mangunan.


11.30 - Sampe kita di Hutan Pinus Sari, walaupun hari kerja lokasinya lumayan rame, karena ini tempat lg ngehits banget katanya jadi klo ke Jogja wajib ke sini. Akhir taun 2017 pas jalan2 jg ke Jogja mau ke sini tp gagal karena jalanan muacet parah, akhirnya puter balik. Hutan pinusnya padet cucok bgt buat prewed dan instagramable banget. Lokasinya bersih, sangat terkelola dgn baik, mushola nya pun sangat nyaman dan bersih. Setelah Dzuhur kita lgsg cuuss menuju kembali ke kota Jogja, menuju XT Square.




Musholanya nyaman dan bersih


13.00 - Sebelum ke XT Square mampir sarapan dulu deket sekolah apa gitu, kyk nya pariwisata. Makan soto ayam harganya murah 1 porsi + nasi + es teh manis cuman 11rb dan harga gorengannya itu cuman 500 perak hahaha I Love Jogja dengan makanan murahnya.

14.00 - Sampelah kita di XT Square, jadi tuh XT Square berisi yg namanya De Mata, De Arca dan De Walik dan juga kios-kios dagangan ada jual kaos, batik, pernak pernik, makanan buat oleh2 lah. De Mata itu tempat gambar-gambar 3D, De Arca itu tempat patung-patung ada artis luar negri, pahlawan Indonesia, presiden-presiden Indonesia kayak yg patung lilin di Bangkok itu looh tp di sini bukan patung lilin. Nah klo di De Walik itu rumah kebalik, di dalamnya serba terbalik. Lokasi-lokasi ini cocok banget buat kalian yg bawa keluarga dan utk foto2. Untuk menikmati semuanya bisa pake tiket terusan jadi ga perlu beli lg di masing2 lokasi, tp klo mau cuman ke 1 lokasi jg tersedia tiket satuan. Nah kelar dr semua lokasi ada namanya Selfie Park di lokasi yang sama, loketnya beda dan ga termasuk tiket terusan. Lokasinya itu terbuat dari kulit-kulit pohon dan batang pohon yang dibentuk menjadi sebuah patung ataupun rumah dan bentuk lainnya.










18.00 - Kembali ke Hotel untuk istirahat.

Hari Ke-3
Jum'at, 26 Oktober 2018
07.00 - Sarapan pagi dan tentunya si duo bocil minta berenang lagi.

09.00 - Cuuss ke tujuan berikutnya yaitu Candi Prambanan yang kurang lebih memakan waktu 40-50 menit. Seperti biasa diperjalanan duo bocil kembali terlelap tidur di motor. Perjalanan ke Candi Prambanan tak berkelak kelok lebih banyak lempengnya.

10.00 - Tibalah kita di Candi Prambanan yang saat itu juga tak terlalu ramai, enaknya liburan hari kerja tuh gini sepi. Ternyata di loket Prambanan ada beberapa paket tujuan, misal dari Candi Prambanan lanjut ke Candi Ratu Boko atau Candi lainnya, jadi di dalam ada semacam angkutan mobil Elf yang akan nganter kita. Selain itu juga ada paket naik mobil Jeep dgn tujuan lainnya kyk Tebing Breksi, paket mobil Jeep itu diluar paket Candi Prambanan jadi mereka bekerja sama dgn Prambanan.





11.30 - Kelar keliling Prambanan langsung standby ke masjid sebrang prambanan (lupa nama masjidnya) untuk menunaikan Solat Jumat dan makan siang.

13.00 - Kelar Soljum dan makan siang, cuusss meluncur ke Tebing Breksi, perjalanan ke Tebing Breksi sekitar 30 menit dgn jalanan menanjak cukup curam dan panjang, jalanannya mulus kyknya baru banget abis dicor.

13.30 - Tebing Breksi ini merupakan tebing batu bekas penambangan yang sama penduduk lokal dijadikan wisata. Jadi sisa penambangannya, tebingnya di pahat menjadi bentuk ular dan wayang. Tempat wisata ini dikelola oleh penduduk cukup baik, dikenakan biaya parkir 2.500 dan biaya masuk seikhlasnya. Di atas tebing banyak warga yang membuat spot-spot untuk foto yang juga bayar seikhlasnya jadi nanti abangnya fotoin pake HP kita sampe kita puas dan setelahnya kita masukin uang seikhlasnya ke kaleng/toples. Puas berfoto-foto ria balik lagi kita ke kita kota Jogja untuk menuju Taman Pintar.





15.00 - Sampe kita di Taman Pintar, lokasinya di tengah2 kota Jogja, dekat dengan Malioboro. Kyk nya Taman Pintar ini milik Pemkot deh dan bekerjasama dgn pihak swasta. Di Taman Pintar ini banyak wahananya untuk anak usia 3 tahun dan anak yang udah di atas 7 tahun. Ternyata Taman Pintar ini tutup jam 16.00 jadinya kita hanya beli tiket untuk PAUD Barat dgn harga 3rb/anak (murah yaa). Di PAUD Barat ini minimal usia 3 tahun yg boleh masuk, dan ternyata yg punya ini pihak susu SGM (Sarihusada). Nah bermain di sini dibatasi hanya 30 menit aja tiap anak dan juga yang boleh masuk hanya si anak aja, tp ga usah khawatir ada mba/mas yg dampingin anak-anak kita, orang tua hanya bisa menunggu di ruang tunggu yg udah disediakan tv cctv untuk mantau anak kita. Alhamdulillah duo bocil yg doyan ngintilin emak bapaknya pas di sini mau dilepas dan bermain sendiri di dalam dgn orang yg baru kenal.


16.30 - Kelar bermain di Taman Pintar cuuss menuju toko bakpia Mutiara Jogja yg lokasinya di Malioboro untuk beli oleh-oleh. Sepintas lewat jalan Malioboro ternyata udah banyak berubah, trotoarnya jadi lebih bagus dan rapih sekarang, tapi macetnya tetep sama gak berubah.

17.30 - Kembali ke Hotel untuk istirahat.

Hari Ke-4
Sabtu, 27 Oktober 2018
07.00 - Huaaaaah gak berasa udah hari terakhir di Jogja, satu-satunya alasan untuk meninggalkan Jogja adalah isi dompet yang udah tipis. Bener banget Jogja itu kota penuh dgn daya tarik yang bikin kita nyaman dan kangen untuk balik lagi. Abis sarapan lanjut berenang lagi menikmati hari terakhir di Hotel. Kita check out jam 12 siang tapi kita nitip barang-barang dulu karena mau ke Taman Pintar lagi, kemarin belom puas soalnya.

12.30 - Di Taman Pintar kita beli tiket Planetarium, PAUD Timur dan PAUD Barat lagi. Planetarium cuman nonton bintang-bintang gitu dan planet-planet. Klo PAUD Timur bermainnya kyk gambar, mengenal budaya. Klo PAUD Barat lebih ke bermain kyk lego, dokter-dokteran, naik pesawat.

14.00 - Balik lagi ke hotel untuk ambil barang-barang dan pesen Gocar untuk bawa barang-barang ke stasiun. Yang naik Gocar si Arsa dan Bundanya sedangkan gw naik motor dengan Aira. Kebetulan sewaan motor JogJig itu punya garasi di Stasiun Lempuyangan jadi sekalian pulangin motor ke sana.

14.30 - Sampe di Stasiun Lempuyangan print tiket dan sambil nunggu jadwal makan siang dulu.

15.30 - Tibalah kereta Bengawan, sampai jumpa kembali Jogja.


Tambahan:
- Klo turun di stasiun Bekasi dan order Ojol atau taksi burung biru mending agak jalan ke arah bunderan bekas patung lele karena premannya rese, jd pintu keluar khusus taksi lain
- Minta motor yang sehat biar bisa nanjak
- Biar penginapan murah pesen dari jauh-jauh hari

Nih gw kasih rincian pokok biaya ngetrip Jogja ini, semoga bermanfaat ya.


Salam,
Anugrah

No comments: