Wednesday, September 4, 2013

@para_gembel - Ikutan Yuuuuk Aksi Penanaman Mangrove di Muara Gembong Bekasi

Halo semua..

Kita mau bikin acara nih tanggal 5-6 Oktober 2013. Acara kali ini berbeda dgn acara trip sebelumnya loooooh, kali ini kita akan melakukan aksi. Aksi kita bukan aksi demo panas-panasan di tengah jalan atau di Bundaran HI sambil bawa spanduk tulisan "Tolak Kenaikan BBM", "Tolak Miss World", "Ganyang Malaysia" ataupun tulisan-tulisan lainnya hehehe. Aksi kita kali ini memang panas-panasan tp tentunya panas-panasan yg asiiiiik..Aksi kita ialah penanaman Mangrove di Muara Gembong, Bekasi. Kalian tau gak sih klo populasi mangrove di pesisir pantai Muara Gembong itu udah mulai habis,knp bs habis??banyak penyebabnya..salah satu penyebab terbesar berkurangnya mangrove di Mugo itu akibat pembukaan lahan tambak baru oleh warga sekitar. Otomatis klo mau buka tambak baru itu ya hrs nebangin pohon mangrove. Hmm...menyedihkan bgt yah, lagi-lagi lingkungan rusak karena KESERAKAHAN MANUSIA. Gw coba kasih tau sedikit akibat dari kerusakan mangrove:
  • Peningkatan abrasi/erosi pantai
  • Peningkatan pencemaran pantai
  • Air pasang akan semakin mudah untuk mencapai daratan, rumah warga yg di daratan pasti kebanjiran akibat pasang air laut
  • Nah ini yg paling parah, akan mengakibatkan instruisi air laut. Instruisi air laut itu masuknya atau merembesnya air laut kearah daratan sampai mengakibatkan air tawar sumur/sungai menurun mutunya, bahkan menjadi payau atau asin. Dampak instrusi air laut ini sangat penting, karena air tawar yang tercemar intrusi air laut akan menyebabkan keracunan bila diminum dan  dapat merusak akar tanaman. Parah kaaaan,gak bisa minum air bersih lg dah kita.

Ok balik lg ke acara aksi penanaman mangrove. Kita mau ajak temen-temen nih untuk ikut dalam aksi ini, untuk temen2 yg ga bisa ikut gpp kok, kalian tetep bisa berpartisipasi jg kok untuk donasi mangrove nya. Untuk 1 mangrove itu biayanya Rp 5.000, itu udh termasuk biaya perawatan mangrove. Untuk yg mau donasi mangrove aja kita minimalkan 4 mangrove, jd Rp 20.000. Biaya segitu ga mahal kok untuk menjaga kelestarian alam ini, klo dibuat jajan jg gak berasa 20rb hehehe. Langsung aja yak,,berikut itinerary nya:

ITINERARY ACARA
Sabtu, 5 Oktober 2013
06.30 – 07.30 Kumpul di Pom Bensin Kolong Jembatan Summarecon
07.30 – 11.00 Perjalanan ke Kecamatan Muara Gembong, ngerasain jalanan rusak dan belok
11.00 – 13.00 Isoma di kantor Kecamatan Muara Gembong sekalian isi perut dulu biar ada tenaganya
13.00 – 14.00 Perjalanan ke Ujung Muara untuk ceremonial penanaman mangrove
14.00 – 16.00 Acara ceremonial penanaman mangrove
16.00 - 17.00 Perjalanan menuju SEKOLAHAN yang akan kita jadikan tempat untuk MENGINAP
17.00 – 20.00 Isoma, acara bebas dan tentunya mandi. Karena pasti belok-belokan pas di acara ceremonial nya
20.00 – 23.00 Bincang-bincang tentang mangrove
23.30 -------- Tidur imut hehe

Minggu, 6 Oktober 2013
06.00 – 09.00 Sarapan pagi + beres-beres, karena setelah dari Pantai Beting kita akan langsung ke Kecamatan
09.90 – 10.00 Perjalanan ke Pantai Beting untuk melihat daerah yang paling parah terkena dampak dari abrasi pantai
10.00 – 12.00 Acara bebas di Pantai Beting, sekalian narsis-nasris di paling pinggir nya Bekasi
12.00 – 13.00 Perjalanan menuju Kecamatan untuk kembali lg ke kota hehehe
13.00 -------- Isoma dan siap-siap kembali ke kota

Salah satu kondisi rumah warga di pesisir Muara Gembong

Area yang paling banyak kehilangan mangrove dan sekarang
menjadi area konservasi mangrove Mugo
Pantai Beting pinggiran nya Bekasi
Ujung Muara yang akan dijadikan lokasi ceremonial

QUOTA PESERTA : Kita membatasi peserta maksimal 35 orang
BIAYA : Rp.150.000/orang



BIAYA MELIPUTI :
- Biaya akomodasi dari Titik Kumpul sampai Kecamatan Muara Gembong, pake truk TNI
- Biaya sewa kapal ukuran besar dari Kecamatan - Ujung Muara - Sekolahan
- Biaya sewa kapal ukuran sedang dari Sekolahan - Pantai Beting - Kecamatan
- Makan untuk 4 kali
- Donasi untuk 500 mangrove


BIAYA TIDAK TERMASUK :
- Biaya akomodasi dari rumah ke Mega Bekasi dan Mega Bekasi ke rumah

- Bayar parkir inap motor di bekalang Mega Bekasi
- Klo mau jajan-jajan di Mugo hehe 


KETERANGAN:
- Pembayaran DP paling lambat tanggal 21 September 2013, minimal setengah nya yaitu 75rb
- Pelunasan paling lambat tanggal 27 September 2013
- Untuk yang bawa motor bisa menitipkan motor nya di belakang Mega Bekasi
KONTAK PERSON:
HAFIZ : 081319131700
INTAN : 08568928744
untuk BB atau Whatsapp langsung aja tanya via sms/tlp ke PIC nya yah

INFO LANJUT:
Facebook  : Fanpage Facebook Paragembelgembel
Twitter       : @para_gembel


Acara ini di selenggarakan oleh : 
  
"Alam yang indah ini bukan cuman punya kita tetapi hanya titipan, anak cucu kita berhak untuk menikmati alam INDONESIA yang indah ini. So tugas kita untuk menjaga alam INDONESIA ini untuk tetap indah dan asri"
 
*Perlu diketahui bahwa trip ini tidak mengandung unsur penipuan, alhamdulillah kita masih inget sama yg namanya dosa hehehe*

4 comments:

Riries Aulia said...

Penikmat alam harus mencintai alam jg..bagus nih acara nya bwt contoh pergaulan anak muda ke arah yg lebih baik..

paragembelgembel said...

@riries: ikutan yah kakak :)

Revandhiya said...

Jadi malu kmrn tdk bisa gabung.
Sebagai warga bekasi kalau ada acara kek gini lg..aye gabung deh om, apalagi klo gowes.

paragembelgembel said...

@Revandhiya: insya ALLAH tahun depan kita mau bikin lg om dgn peserta yg banyak,klo bisa 1000 mangrove kita donasikan untuk Muara Gembong :) follow twitter kita aja om utk update acara atau bisa di fanpage