Wednesday, January 9, 2013

[Part 3 Nge-Gembel AkhirTaun 2012 Gunung Kidul] -- Camping di Pantai Jungwok yg Sepi

#cerita sebelumnya

Pantai Timang yang bener2 masih sepi seperti pertama kali kita kunjungin Maret 2012 lalu,ternyata tuh masih ada pantai2 di Gunung Kidul yg masih sepi lainnya,WOOW emang kyk nya 3 hari aja tuh ga cukup perlu waktu 1 bulan deh kyk nya buat explore keindahan yang tersimpan di Gunung Kidul ini. Dari Pantai Timang kita langsung menuju ke Pantai Jungwok, sebelumnya agak galau sama pilihan antara Pantai Jungwok atau Pantai Seruni. Keluar dari Pantai Timang sempet searching2 di mbah Google (untung nya T*lkoms*l msh dpt sinyal edge dikiiiiiiiiiiiiiiit) klo Pantai Seruni udah ada sedikit gambaran sih dari kawan kenalan dari www.backapckerindonesia.com yg sebelumnya udh pernah cobain camping di sana. Tp klo di liat dari posisinya yg lbh deket dari Pantai Timang itu ialah Pantai Jungwok. Pantai Jungwok itu terletak masih gak jauh dari Pantai Wediombo, nah Pantai Wediombo itu gak jauh dari Pantai Siung (baca jg cerita kita waktu ke Pantai Sung --> Pesona Pantai Siung dengan Tebingnya yang Tinggi dan Pasirnya yang Putih )

Minggu, 23 Desember 2012
Pukul 13.00 Kita start balik dari Pantai Timang, dari pintu keluar perkampungan pasti nanti kita ketemu pertigaan yg kalo ke kanan itu ke Pantai Siung klo lurus itu ke Pantai Wediombo, tp udah ada plang penunjuknya kok krn Pantai Siung dan Wediombo itu udah masuk daerah wisata resmi Kabupaten Gunung Kidul kyk Pantai Baron. Ikutin jalan aja sampe mentok,nanti juga ada pos untuk tiket. Nah perorang nya itu kena Rp 3.000 klo untuk parkiran ada pilihan nginep atau ga,klo yg ga nginep itu Rp 2.000 dan klo nginep kena Rp 4.000 (tp prakteknya nginep itu kena Rp 6.000/motor hadeeeh). Ada parkiran nginep motor itu krn kyk nya di Pantai Wediombo itu ada penginapannya deh,tp kyknya gw ga ngeliat penginapannya deh hehe. Oia klo emang mau niat camping di Pantai Jungwok bilang aja nginep motor krn nanti motornya nanti akan di pindahin ke tempat yg motor nginep.
Pesisir Pantai Wediombo menuju pencarian jalan ke Pantai Jungwok
Pukul 14.00 Untuk ke Pantai Jungwok gak bakalan nemu plang penunjuk ke pantai itu,krn emang ga di bkin plang penunjuk. Buat akses kesana bisa nanya sama tukang parkir atau sama warung2 sekitar Pantai Wediombo. Buat ancer-ancer aja klo mau ke Pantai Jungwok ikutin aja pesisir pantai nya sampe kira-kira nemu pertigaan ke kiri,nah nanti kita bakalan lewatin persawahan milik warga sekitar klo ragu mending nanya aja sama petani atau warga sekitar. Tp waktu kita (Gw,Eko1,Rian,Bang Andri,Paiz,Jamal) ngebuka jalan ke Pantai Jungwok awalnya lewat jalan yg agak berbeda,jalan nya tuh agak nanjak dan turun bukit dan tentunya agak jauh hahaha tp alhamdulillah nemu jg tuh Pantai Jungwok yg masih perjaka hahaha.
Jalur pertama kali pas lg nyari jalan ke Pantai Jungwok
Ada sedikit kejadian lucu di waktu kita ber6 buka jalan ke Pantai Jungwok,begini ceritanya *muka serius*. Setelah kita ber6 menemukan Pantai Jungwok dan ingin kembali ke Pantai Wedioombo untuk memberitahukan ke kawan2 lainnya kalau kita sudah menemukan keindahan yg tersembunyi selama ini,yaitu pantai yg seperti pantai pribadi #ceileeeh. Ada 2 kubu dalam menentukan jalur pulang, Jamal Faiz dan Bang Andri mau mencoba jalur pulang yg berbeda dari jalur berangkat,krn setelah di terawang2 oleh Jamal ada jalur yg lebih cepat (intinya YAKIN hahaha). Dan Gw Eko1 Rian ttp kekeuh lwt jalur seperti jalur berangkat yg melewati bukit,krn kita ber3 ga yakin sama meraka hahaha dan emang kondisi waktu itu udah cuaaapee bgt,males bgt buat ngebuka jalur baru krn klo nyasar bakalan ngabisin tenaga doank. Ywd berpisahlah kita bertiga-tiga dan akan menunjukkan siapa yg lebih cepat. Di jalan kita bertiga (Gw Eko1 Rian) udah mikirin gmn tuh yak nasib mereka bertiga (Jamal Faiz Bang Andri) kyk nya nyasar deeeh, kita udh bikin alesan klo ank2 nanyain mereka kita bilang "Soriii kita ga bs nyelametin Jamal dkk" itu rencananya alesannya klo nanti anak2 nanya hahaha. Eeeeeeeh pas kita udh mau nyampe ternyata Jamal dkk udah nyampe duluan drpd kita buahahahahaha,gw Eko1 Rian ngakak-ngakak ternyata kita yg nyampe belakangan wakakakakakakakakkkk...

Akhirnya nemuin Pantai Jungwok yg masih sepi
Pukul 16.00 OK..singkat cerita kita semua personil udah sampai di Pantai Jungwok yg tentunya lwt jalur nya si Jamal dkk td hehehe melewati persawahan milik warga setempat. Sesampainya di Pantai Jugwok kita langsung mendirikan 3 tenda di pinggir pantai,wah lagi-lagi kita camping di pinggir pantai yg bener2 gak ada orang lagi selain kita mantaaaaaabb..Kala itu sang fajar detik demi detik..menit demi menit mulai bersembunyi ke tempat peristirahatan nya yang akan tergantikan oleh sang rembulan dengan backsound desiran ombak laut selatan (jieeeeeeeeeileeeh hahaha) Makan malam sudah siap untuk di santap,krn pd kaga bawa piring dan sendok ywd daun pisang pun di jadikan alas makan,memang klo makan pake daun pisang itu terasa bgt keakraban nya satu sama lain..taaapiiiiiiiiii krn emang dasarnya pd melihara gembel di perut,makan dgn cara itu membuat rugi hahaha yg perut karet psti makan nya banyak dan yg kasian yg cwe krn jatah nya di ambil ama yg cwo berperut gembel.
Ini Jalur yg benernya,lewat persawahan warga sekitar

Pukul 19.00 Selesai makan malam kita bikin api unggun,coba deh banyangin bikin api unggun di pinggir pantai yg sepiiiiiii,view depan nya lgsg laut samudra hindia yg luas,beratapkan langit dgn ribuan bintang dan 1 rembulan,yang terdengar hanya suara hembusan angin pantai dan hempasan ombak yg mengenai bibir pantai (romantiiiiiiiiis bangeeeeeeeeeet kannnn). Yaa itulah yg terjadi pada saat itu (walau agak lebay mendeskripsikan nya haha), sebagian ada yg buka lapak uno ddpn tenda dan sebagian lg duduk disekitaran api unggun di pinggir pantai sambil berbincang santai. Suasana nya tuh pas banget untuk meng-GALAU, untuk laki-lakinya biasa lah ngobrolin masalah asmara dan topik waktu itu bagaimana caranya agar si ** (piiiiiiiiiiiiip *sensor) ga pemalu mulu dan bisa cepet2 dapet cwe si ** (piiiiiiiiiiiiiip *sensor) kita mendorong penuh agar dia bisa dpt cwe hahaha.
Pukul 22.00 Api unggun udah mulai memadam dan sebagian udah ada yg tertidur dengan alas seadanya di atas pasir dan sisanya lg masih main uno sampai mengantuk. Kelar main uno semuanya mulai masuk tenda satu persatu,Gw dan Dika masuk ke tenda yg kecil hanya muat 2 orang aja hahaha. Terakhir yg gw inget itu si Rian ama Kiki yg masih terjaga.
Pukul 24.00 Tiba-tiba pada ribut masalah jemuran,ternyata hujaaaaaaaan..ywd masukin semua jemuran ke tenda kecil dan semua nya yg td nya msh pd tidur diluar,masuk ke dlm tenda. Tenda kecil yg tidurin seharusnya cuman muat 2 org aja di sisi 3 org tp alhamdulillah msh bs rebahin badan ketimbang tenda tetangga hahaha. Tenda cwe sih aman ke isi 5 org dgn si Riries yg kedepak dr tenda cwe krn ga dpt lapak,dia pindah ke tenda kecil. Nah tenda cwo yg atu lg ini yg di isi 7 orang yg paling sengsara bahahaha desek2an di dlm tenda mencoba untuk tidur krn di luar konsidi nya hujan,tp ga ada yg tidur kyk nya deh ampe hujan reda.

Senin, 24 Desember 2013
Pukul 02.30 Setelah hujan mulai reda,satu persatu personil keluar dari tenda. Ada yg mau pipis dan ada jg yg krn sumpek ddlm tenda. Si Faiz yg sangat ahli dalam membuat api unggu,dia bikin api unggun lagi untuk menghangat kan tubuh (tp emang sebenernya udah gerah sih ddlm tenda). Krn tidur masih kurang dan alhamdulillah hujan udah reda ywd kita semua kembali terlelap dalam tidur masing2 di luar tenda beralaskan seadanya.

Pukul 05.00 Semuanya bangun kecuali Opik yg msh pelor,ywd kita tinggal aja dia sendiri ddlm tenda. Mencoba mencari sunset di balik tebing Pantai Jungwok sekalian jalan2 melihat daerah sekitar. Acara pagi di isi dengan acara sarapan seadanya krn spirtus abis *sedih* jd ga bisa masak. Jalan2 sekitar pesisir pantai dan narsis2 ria.
Pantainya masih ada Komang-komang nya looh (jd inget waktu msh SD)
Pukul 08.00 mulai berbenah merapihkan perlengkapan dan tenda krn jadwal selanjutnya adalah cave tubing lg,tp cave tubing nya kali ini di Kalisuci daerah Semanu. Jam 09.00 kita balik lg ke Pantai Wediombo buat mandi dan sarapan pagi mengisi tenaga untuk ke Kalisuci. Sebenernya sedih hrs meninggalkan Pantai Jungwok yg indah dan sepi ini,tp semoga aja kondisi nya ttp indah pas kita ballik ke sini lagi.

NB:
- Bawa air minum yg banyak klo ke Jungwok,agak lumayan sih klo mesti balik lg ke Wediombo.
- Sunblok dan pake baju lengan panjang biar kulit ga kebakar.

Tiket parkir nginep motor : Rp 6.000/motor
Tiket masuk Wediombo : Rp 3.000/org
Toilet mandi : Rp 2.000

regards,
anugrah

5 comments:

Indra Setiawan said...

Perpaduan tebing dan pantai di Selatan kidul memang cantik...sayang belum pernah merasakan sensasi kemping disini..

paragembelgembel said...

@indra setiawan: bener bgt lbh cantik dari hawa mungkin :D jajalin mas,seru bgt..

BlogS of Hariyanto said...

lihat foto pantai..sepertinya ingin ikut nyebur juga :-)

paragembelgembel said...

@Hariyanto: tp sayang ga bisa snorkling hahaha

indra setiawan purba said...

Mantaaps Gan....kapan jalan lagi.....