Wednesday, January 9, 2013

[Part #2 Nge-Gembel AkhirTaun 2012 Gunung Kidul] -- Gunung Api Purba Nglanggeran dan Pantai Timang

#cerita sebelumnya --> [Part #1 Nge-Gembel AkhirTaun 2012 Gunung Kidul] -- Cave Tubing Goa Pindul dan Sungai Oya

Selesai dari Goa Pindul,kita beristirahat di rumah Pakdenya Eko1. Beres2 badan dan makan malem pastinya hahaha. Klo yg mau istirahat ya istirahat,tp bkn gembel klo sebelum merayakan ritual main UNO sampai larut malam hoho.

Minggu, 23 Desember 2012
Pukul 05.00 Rencana awal kita mau liat sunrise di Gunung Api Purba,tp jam 5 aja baru pada bangun sedangkan jam 5 pagi itu disana udah mulai terang,akibat tidur kemaleman main uno. Gunung Api Purba ini terletak di Desa Nglanggeran,Kecamatan Patuk yang sebenernya lokasinya ga jauh sama rumah Pakdenya Eko1. Naik motor cuman 10 menitan kira2 dan menuju lokasi jg ga perlu pake helm hehe. Pagi itu Gunung Api Purba suasanyanya  masih sepi,blm banyak orang yg naik ke atas. Tetapi di atas udah ada beberapa org yg abis camping dan naik duluan. Sebenernya trek Gunung Api Purba itu terbagi dalam beberapa pos,mulai dari Pos 1 sampai Pos 3 (klo ga salah hehe) dan karena ada beberapa personil yg fisiknya kurang kuat alias loyo hehe ywd kita cuman bisa ampe Pos 1. Di Pos 1 pemandangan sekitar udah lumayan bagus,tp kita ga bisa liat ke arah timur krn terhalang oleh tebing gunung yang tinggi. View dari Pos 1 udah tinggi jd kita bisa melihat sebagian Kabupaten Gunung Kidul dan Kota Jogja dari kejauhan.

Pukul 07.00 Kita kembali ke kediaman Pakdenya Eko1 untuk berbenah dan yg pasti lagi sarapan pagi hoho. Untuk jadwal kita selanjutnya adalah ke Pantai Timang dan camping di Pantai Jungwok. Jam 09.00 kita start menuju kecamatan Tepus untuk ke Pantai Timang,perjalanan dari Patuk kira2 kurang lebih 1 jam perjalanan. Seperti di catper sebelumnya Kata "INDAH" Aja Gak Cukup Buat Pantai Timang perjalanan menuju Pantai Timang itu trek nya wuih banget dweeeeeeh, jalannya yg berkelak-kelok menuju Tepus. Tp kabar baiknya sekarang akses menuju Pantai Timang yg dulu jalannya berbatu semua,skrg dah di cor dan udah lumayan gampang,mgkn karena biar warga sekitar gampang ngangkut hasil kebun nya dari ladang menggunakan mobil. Padahal dah punya ide cewe2 nya buat dorong motor pas tanjakan hahaha (gak di ridhoin mgkn niat jeleknya)

Pukul 11.00 Sampailah kita di Pantai Timang,pantai yang bulan Maret 2012 lalu kita kunjungi ternyata skrg masih bisa di bilang "INDAH" gak ada pengunjung yg dateng,seperti biasa kita cuman ketemu warga sekitar yg lg bertani dan mencari lobster. Walaupun udah mulai masuk musim ujan kondisi cuaca Gunung Kidul puaaanaaaas bgt,lbh panas dari jakarta. Tp walaupun puanaas bgt masalah narsis2 mah tetep. Oia ke Pantai Timang kali ini bedanya kita ga lg ketemu sama tim nya Indonesiaku Trans7 hahaha *ngarep. Kita gak bs berlama-lama di Pantai Timang krn jadwal kita selanjutnya adalah nyari lapak buat camping di Pantai Jungwok,takut kesorean soalnya.

NB:
- Klo mau ngeliat sunrise di Gunung Api Purba mending dtg nya jam 3 pagi hehehe,soalnya jam 5 itu matahari udah mulai muncul dari persembunyian nya.
- Pesisir pantai Gunung Kidul daerahnya panas bgt,emang sih panas2 adem tp bisa bikin kulit terbakar. Lebih baik pake sunblok atau pake baju yg lengan panjang.
- Ke Pantai Timang ga bakalan nemu plang penunjuk di jalannya,mending klo udah nyampe pertigaan antara Siung dan Wediombo tanya aja sama warga sekitar.
- Nah klo mau ke Pantai Timang atau mau susur Pantai lainnya,pilih motor yg sehat (krn jalan yg menanjak) dan jgn lupa bensin di fullin dulu. (krn ga ada pom bensin)

Tiket masuk Gunung Api Purba : Rp 3.000/org

3 comments:

Zilla said...

Salam kenal..

Emm, gayanya liburan hujung tahun kita sama ya..bezanya cuma datenya aje hehehe

suci ariyanti said...

Coolbanget ka! hahaha
jadi inget sama videonya malebanget.com yang judulnya Jalan-Jalan men :D

anyway, semangat ngebolang! yeyeyeyeeeaaah :D

paragembelgembel said...

@zilla: salam kenal jg. oh samaan yaah?hahaha abis dr gunung kidul jg toh,kmren jg mau ke jomblang tp kantong tdk mendukung :D

@suci: iya pernah jg ntn video nya tuh,kocag host nya..jalan-jalan meeeeen hahaha. Kpn nih naik gunung lg?hehehe