Wednesday, January 9, 2013

[Part #1 Nge-Gembel AkhirTaun 2012 Gunung Kidul] -- Cave Tubing Goa Pindul dan Sungai Oya

Sampai juga di penghujung tahun 2012 dan seperti biasa kita punya agenda nge-gembel di akhir tahun sebagai agenda rutin kita. Destination kita kali ini adalah Jogja tp bkn di kota,lebih tepat nya kabupaten Gunung Kidul. Di trip sebelumnya kita emang udah pernah kesana tp hanya ber-4 (Adi,Rian,Eko1,Eko2) dan sekarang kita ber-15 org..WOW..banyak bgt pesertanya kali ini. Nge-gembel ber-15 org emang menjadi sebuah tantangan krn hrs menyiapkan segala seuatunya dengan baik dan benar dan penuh perhitungan. Sial sungguh sial,kita ga dpt tiket kereta,alhasil keuangan menjadi over budget krn kita hrs beli tiket bis 120rb,padahal dengan 120rb bisa buat tiket kereta PP (nyisa malahan,tiket Progo 35rb). Tak apalah yg penting sampe.

Jum'at, 21 Desember 2012
Pukul 19.30 kumpul di pool bis Sumber Alam Pd.Ungu. Pas berangkat ke pool agak terburu-buru krn sore itu jakarta dan sekitar lg hujan,jadinya semua nya pada ngaret. Selain ini ada sedikit insiden salah satu personil (sori ga bs di ceritain,krn agak complicated hehe). Alhamdulillah sudah terkumpul semua yaitu 14 org,oia 1 personil lg si Eko1 udah berangkat duluan jam 4 sorenya. Rencana awal kita naik bis yg patas non AC,tp hingga jam 21.00 bis patas pun tak kunjung datang,padahal para penumpang udah menunggu. Terdengarlah suara pengumuman bahwa bis patas yg akan ke jogja masih lama dtg nya dan klo yg mau naik bis patas AC bisa nambah 30rb dan pindah ke ekonomi duit jd balik 30rb. Langsung dah ngacir ke loket untuk nuker tiket jd yg Patas AC dan alhamdulillah msh bs kedapetan tmpt duduk..Bye..Bye..Jekardah..

Sabtu, 22 Desember 2012
Pukul 13.00 touchdown Terminal Giwangan,Jogja. Maklum lah kita naik bis Sumber Alam yang terkenal jalannya kyk keong alias lemot,mgkn jg krn yg nyetir itu kebanyakan orang jawa semua (alon-alon sing penting klakson..eh salah klakon hehehe). Dari terminal Giwangan kita jauh2 hari sebelumnya udah booking untuk sewa 7 motor di Andies Rental Motor dan janjian di terminal Giwangan. Motor sudah di dapat dan siap untuk meluncur ke Pathuk,Gunung Kidul. Di Pathuk itu ada  rumah Pakdenya dan Mbah nya Eko1,tp yang akan kita jadikan tempat untuk menginap adalah rumahnya Pakde nya Eko1. Tiba drmh Pakdenya Eko1 langsung berbenah dan siap2 untuk menuju Goa Pindul,sempat ragu mau ke Pindul atau ngga, krn waktu udah sore,tp klo ga hari ini ya ga ada waktu lain krn bsknya udh full jadwal.

Pukul 16.45 Sampai di Goa Pindul yang di kelola oleh Wirawisata. Goa Pindul ini berada tepatnya di kecamatan Karangmojo, desa Bejiharjo kira2 perjalanan dari Pathuk itu 30 menit. Salah satu service yg di berikan oleh pengelola Wirawisata,klo kita ga tau lokasi Goa Pindul kita bisa di jemput di alun-alun Wonosari dengan biaya gratis. Klo nanya2 akses ke Goa Pindul katanya kadang2 suka di caloin sama org yg nganter,ataupun yg nganter kita itu minta jatah ke pengelola Wirawisata dan untuk jaga2 kejadian tsb pihak Wirawisata memberikan free anter ke lokasi. Sampailah kita di Dusun Gelaran II yg merupakan kantor sekretariat dari Wirawisata. Krn peserta kita ada 15 org,kita dpt diskon 10% ,lumayan lah hehe. Kita ber-4 (Adi,Rian,Eko1,Eko2) sebelumnya udh pernah ke Goa Pindul Maret lalu tp siang hari, klo sekarang nyampe di lokasi aja udah jam 5.

Pukul 17.00 kita start memasuki Goa Pindul dengan perlengkapan pelampung dan ban. Di Goa Pindul ada 3 zona yaitu zona redup,gelap dan terang. Sebenernya di zona terang itu kita bisa loncat-loncatan di batu,tp karena berhubung waktu udah sore dan gelap ywd terpaksa kita lewatin (agak kecewa). Selesai dari Goa Pindul kita menuju ke Sungai Oya,waduh pas nyampe di sungai Oya udah magrib dan sang fajar sudah mulai menyembunyikan sinarnya (tsaaaah..puitis beud dah). Tp karena kita sudah terlanjur ambil paket sungai oya ya mau ga mau kita tubing malem2. Baru kali ini tubing di sungai malem2,emang sih jd kurang puas krn seharusnya di sungai oya itu banyak spot untuk terjun ke air dan bisa lbh menikmati,tp kemarin tubing sungai nya tergesa-gesa. Ya lumayan seru jg lah tubing gelap gulita,suasana mencekam (takut ada anaconda haha)

\

Selesai dari tubing Goa Pindul dan sungai Oya,kita kembali krmh Pakdenya Eko1 untuk makan malam dan istirahat.

#cerita selanjutnya 

NB:
- Untuk yg mau sewa motor,mending di booking dari jauh2 hari apalagi pas lg musim liburan.
- Klo ke pindul maksimal jam 3 sore udah di lokasi biar puas main air nya di Goa Pindulnya dan Sungai Oya.
- Info terakhir kesana,untuk kaum hawa yg sedang datang bulan (menstruasi) sudah di bolehkan ikutan cave tubing asalkan nyaman aja basah-basahan. Soalnya waktu Maret 2012 lalu yg lg dpt ga blh masuk untuk menjaga kesucian Goa.
- Klo ga tau jalan akses kesana minta jemput aja sama karyawan Wirawisata,biasanya di jemput di alun2 Wonosari. Krn kadang2 suka di caloin.

Andies Rental Motor Jogja : 081578889950 / Pin BB 32106C7E

Cave Tubing Goa Pindul : 25rb/org
Rafting Sungai Oya : 35rb/org
Kamar mandi : 2rb
Jasa penitipan tas : 1rb/brg

Info lengkap Goa Pindul
Blog Wirawisata : http://wirawisata.blogspot.com
Twitter : @wirawisata
cp: Haris Purnawan (0859 5965 6561)

regards,
anugrah

2 comments:

Anonymous said...

Hello, yup this paragraph is actually good and I have learned lot
of things from it regarding blogging. thanks.

my page cheap air max 90

Anonymous said...

ecig forum, smokeless cigarettes, electronic cigarette, electronic cigarettes, smokeless cigarettes, electronic cigarettes