Wednesday, January 9, 2013

[Part 3 Nge-Gembel AkhirTaun 2012 Gunung Kidul] -- Camping di Pantai Jungwok yg Sepi

#cerita sebelumnya

Pantai Timang yang bener2 masih sepi seperti pertama kali kita kunjungin Maret 2012 lalu,ternyata tuh masih ada pantai2 di Gunung Kidul yg masih sepi lainnya,WOOW emang kyk nya 3 hari aja tuh ga cukup perlu waktu 1 bulan deh kyk nya buat explore keindahan yang tersimpan di Gunung Kidul ini. Dari Pantai Timang kita langsung menuju ke Pantai Jungwok, sebelumnya agak galau sama pilihan antara Pantai Jungwok atau Pantai Seruni. Keluar dari Pantai Timang sempet searching2 di mbah Google (untung nya T*lkoms*l msh dpt sinyal edge dikiiiiiiiiiiiiiiit) klo Pantai Seruni udah ada sedikit gambaran sih dari kawan kenalan dari www.backapckerindonesia.com yg sebelumnya udh pernah cobain camping di sana. Tp klo di liat dari posisinya yg lbh deket dari Pantai Timang itu ialah Pantai Jungwok. Pantai Jungwok itu terletak masih gak jauh dari Pantai Wediombo, nah Pantai Wediombo itu gak jauh dari Pantai Siung (baca jg cerita kita waktu ke Pantai Sung --> Pesona Pantai Siung dengan Tebingnya yang Tinggi dan Pasirnya yang Putih )

Minggu, 23 Desember 2012
Pukul 13.00 Kita start balik dari Pantai Timang, dari pintu keluar perkampungan pasti nanti kita ketemu pertigaan yg kalo ke kanan itu ke Pantai Siung klo lurus itu ke Pantai Wediombo, tp udah ada plang penunjuknya kok krn Pantai Siung dan Wediombo itu udah masuk daerah wisata resmi Kabupaten Gunung Kidul kyk Pantai Baron. Ikutin jalan aja sampe mentok,nanti juga ada pos untuk tiket. Nah perorang nya itu kena Rp 3.000 klo untuk parkiran ada pilihan nginep atau ga,klo yg ga nginep itu Rp 2.000 dan klo nginep kena Rp 4.000 (tp prakteknya nginep itu kena Rp 6.000/motor hadeeeh). Ada parkiran nginep motor itu krn kyk nya di Pantai Wediombo itu ada penginapannya deh,tp kyknya gw ga ngeliat penginapannya deh hehe. Oia klo emang mau niat camping di Pantai Jungwok bilang aja nginep motor krn nanti motornya nanti akan di pindahin ke tempat yg motor nginep.
Pesisir Pantai Wediombo menuju pencarian jalan ke Pantai Jungwok
Pukul 14.00 Untuk ke Pantai Jungwok gak bakalan nemu plang penunjuk ke pantai itu,krn emang ga di bkin plang penunjuk. Buat akses kesana bisa nanya sama tukang parkir atau sama warung2 sekitar Pantai Wediombo. Buat ancer-ancer aja klo mau ke Pantai Jungwok ikutin aja pesisir pantai nya sampe kira-kira nemu pertigaan ke kiri,nah nanti kita bakalan lewatin persawahan milik warga sekitar klo ragu mending nanya aja sama petani atau warga sekitar. Tp waktu kita (Gw,Eko1,Rian,Bang Andri,Paiz,Jamal) ngebuka jalan ke Pantai Jungwok awalnya lewat jalan yg agak berbeda,jalan nya tuh agak nanjak dan turun bukit dan tentunya agak jauh hahaha tp alhamdulillah nemu jg tuh Pantai Jungwok yg masih perjaka hahaha.
Jalur pertama kali pas lg nyari jalan ke Pantai Jungwok
Ada sedikit kejadian lucu di waktu kita ber6 buka jalan ke Pantai Jungwok,begini ceritanya *muka serius*. Setelah kita ber6 menemukan Pantai Jungwok dan ingin kembali ke Pantai Wedioombo untuk memberitahukan ke kawan2 lainnya kalau kita sudah menemukan keindahan yg tersembunyi selama ini,yaitu pantai yg seperti pantai pribadi #ceileeeh. Ada 2 kubu dalam menentukan jalur pulang, Jamal Faiz dan Bang Andri mau mencoba jalur pulang yg berbeda dari jalur berangkat,krn setelah di terawang2 oleh Jamal ada jalur yg lebih cepat (intinya YAKIN hahaha). Dan Gw Eko1 Rian ttp kekeuh lwt jalur seperti jalur berangkat yg melewati bukit,krn kita ber3 ga yakin sama meraka hahaha dan emang kondisi waktu itu udah cuaaapee bgt,males bgt buat ngebuka jalur baru krn klo nyasar bakalan ngabisin tenaga doank. Ywd berpisahlah kita bertiga-tiga dan akan menunjukkan siapa yg lebih cepat. Di jalan kita bertiga (Gw Eko1 Rian) udah mikirin gmn tuh yak nasib mereka bertiga (Jamal Faiz Bang Andri) kyk nya nyasar deeeh, kita udh bikin alesan klo ank2 nanyain mereka kita bilang "Soriii kita ga bs nyelametin Jamal dkk" itu rencananya alesannya klo nanti anak2 nanya hahaha. Eeeeeeeh pas kita udh mau nyampe ternyata Jamal dkk udah nyampe duluan drpd kita buahahahahaha,gw Eko1 Rian ngakak-ngakak ternyata kita yg nyampe belakangan wakakakakakakakakkkk...
 
Akhirnya nemuin Pantai Jungwok yg masih sepi
Pukul 16.00 OK..singkat cerita kita semua personil udah sampai di Pantai Jungwok yg tentunya lwt jalur nya si Jamal dkk td hehehe melewati persawahan milik warga setempat. Sesampainya di Pantai Jugwok kita langsung mendirikan 3 tenda di pinggir pantai,wah lagi-lagi kita camping di pinggir pantai yg bener2 gak ada orang lagi selain kita mantaaaaaabb..Kala itu sang fajar detik demi detik..menit demi menit mulai bersembunyi ke tempat peristirahatan nya yang akan tergantikan oleh sang rembulan dengan backsound desiran ombak laut selatan (jieeeeeeeeeileeeh hahaha) Makan malam sudah siap untuk di santap,krn pd kaga bawa piring dan sendok ywd daun pisang pun di jadikan alas makan,memang klo makan pake daun pisang itu terasa bgt keakraban nya satu sama lain..taaapiiiiiiiiii krn emang dasarnya pd melihara gembel di perut,makan dgn cara itu membuat rugi hahaha yg perut karet psti makan nya banyak dan yg kasian yg cwe krn jatah nya di ambil ama yg cwo berperut gembel.
Ini Jalur yg benernya,lewat persawahan warga sekitar

[Part #2 Nge-Gembel AkhirTaun 2012 Gunung Kidul] -- Gunung Api Purba Nglanggeran dan Pantai Timang

#cerita sebelumnya --> [Part #1 Nge-Gembel AkhirTaun 2012 Gunung Kidul] -- Cave Tubing Goa Pindul dan Sungai Oya

Selesai dari Goa Pindul,kita beristirahat di rumah Pakdenya Eko1. Beres2 badan dan makan malem pastinya hahaha. Klo yg mau istirahat ya istirahat,tp bkn gembel klo sebelum merayakan ritual main UNO sampai larut malam hoho.

Minggu, 23 Desember 2012
Pukul 05.00 Rencana awal kita mau liat sunrise di Gunung Api Purba,tp jam 5 aja baru pada bangun sedangkan jam 5 pagi itu disana udah mulai terang,akibat tidur kemaleman main uno. Gunung Api Purba ini terletak di Desa Nglanggeran,Kecamatan Patuk yang sebenernya lokasinya ga jauh sama rumah Pakdenya Eko1. Naik motor cuman 10 menitan kira2 dan menuju lokasi jg ga perlu pake helm hehe. Pagi itu Gunung Api Purba suasanyanya  masih sepi,blm banyak orang yg naik ke atas. Tetapi di atas udah ada beberapa org yg abis camping dan naik duluan. Sebenernya trek Gunung Api Purba itu terbagi dalam beberapa pos,mulai dari Pos 1 sampai Pos 3 (klo ga salah hehe) dan karena ada beberapa personil yg fisiknya kurang kuat alias loyo hehe ywd kita cuman bisa ampe Pos 1. Di Pos 1 pemandangan sekitar udah lumayan bagus,tp kita ga bisa liat ke arah timur krn terhalang oleh tebing gunung yang tinggi. View dari Pos 1 udah tinggi jd kita bisa melihat sebagian Kabupaten Gunung Kidul dan Kota Jogja dari kejauhan.

Pukul 07.00 Kita kembali ke kediaman Pakdenya Eko1 untuk berbenah dan yg pasti lagi sarapan pagi hoho. Untuk jadwal kita selanjutnya adalah ke Pantai Timang dan camping di Pantai Jungwok. Jam 09.00 kita start menuju kecamatan Tepus untuk ke Pantai Timang,perjalanan dari Patuk kira2 kurang lebih 1 jam perjalanan. Seperti di catper sebelumnya Kata "INDAH" Aja Gak Cukup Buat Pantai Timang perjalanan menuju Pantai Timang itu trek nya wuih banget dweeeeeeh, jalannya yg berkelak-kelok menuju Tepus. Tp kabar baiknya sekarang akses menuju Pantai Timang yg dulu jalannya berbatu semua,skrg dah di cor dan udah lumayan gampang,mgkn karena biar warga sekitar gampang ngangkut hasil kebun nya dari ladang menggunakan mobil. Padahal dah punya ide cewe2 nya buat dorong motor pas tanjakan hahaha (gak di ridhoin mgkn niat jeleknya)
 
 

Pukul 11.00 Sampailah kita di Pantai Timang,pantai yang bulan Maret 2012 lalu kita kunjungi ternyata skrg masih bisa di bilang "INDAH" gak ada pengunjung yg dateng,seperti biasa kita cuman ketemu warga sekitar yg lg bertani dan mencari lobster. Walaupun udah mulai masuk musim ujan kondisi cuaca Gunung Kidul puaaanaaaas bgt,lbh panas dari jakarta. Tp walaupun puanaas bgt masalah narsis2 mah tetep. Oia ke Pantai Timang kali ini bedanya kita ga lg ketemu sama tim nya Indonesiaku Trans7 hahaha *ngarep. Kita gak bs berlama-lama di Pantai Timang krn jadwal kita selanjutnya adalah nyari lapak buat camping di Pantai Jungwok,takut kesorean soalnya.

 

NB:
- Klo mau ngeliat sunrise di Gunung Api Purba mending dtg nya jam 3 pagi hehehe,soalnya jam 5 itu matahari udah mulai muncul dari persembunyian nya.
- Pesisir pantai Gunung Kidul daerahnya panas bgt,emang sih panas2 adem tp bisa bikin kulit terbakar. Lebih baik pake sunblok atau pake baju yg lengan panjang.
- Ke Pantai Timang ga bakalan nemu plang penunjuk di jalannya,mending klo udah nyampe pertigaan antara Siung dan Wediombo tanya aja sama warga sekitar.
- Nah klo mau ke Pantai Timang atau mau susur Pantai lainnya,pilih motor yg sehat (krn jalan yg menanjak) dan jgn lupa bensin di fullin dulu. (krn ga ada pom bensin)

Tiket masuk Gunung Api Purba : Rp 3.000/org
Parkir motor : Rp 2.000/motor
Tiket masuk Pantai Timang : GRATIS hehehe

Info lengkap Gunung Api Purba http://gunungapipurba.com/

regards,
anugrah

[Part #1 Nge-Gembel AkhirTaun 2012 Gunung Kidul] -- Cave Tubing Goa Pindul dan Sungai Oya

Sampai juga di penghujung tahun 2012 dan seperti biasa kita punya agenda nge-gembel di akhir tahun sebagai agenda rutin kita. Destination kita kali ini adalah Jogja tp bkn di kota,lebih tepat nya kabupaten Gunung Kidul. Di trip sebelumnya kita emang udah pernah kesana tp hanya ber-4 (Adi,Rian,Eko1,Eko2) dan sekarang kita ber-15 org..WOW..banyak bgt pesertanya kali ini. Nge-gembel ber-15 org emang menjadi sebuah tantangan krn hrs menyiapkan segala seuatunya dengan baik dan benar dan penuh perhitungan. Sial sungguh sial,kita ga dpt tiket kereta,alhasil keuangan menjadi over budget krn kita hrs beli tiket bis 120rb,padahal dengan 120rb bisa buat tiket kereta PP (nyisa malahan,tiket Progo 35rb). Tak apalah yg penting sampe.

Jum'at, 21 Desember 2012
Pukul 19.30 kumpul di pool bis Sumber Alam Pd.Ungu. Pas berangkat ke pool agak terburu-buru krn sore itu jakarta dan sekitar lg hujan,jadinya semua nya pada ngaret. Selain ini ada sedikit insiden salah satu personil (sori ga bs di ceritain,krn agak complicated hehe). Alhamdulillah sudah terkumpul semua yaitu 14 org,oia 1 personil lg si Eko1 udah berangkat duluan jam 4 sorenya. Rencana awal kita naik bis yg patas non AC,tp hingga jam 21.00 bis patas pun tak kunjung datang,padahal para penumpang udah menunggu. Terdengarlah suara pengumuman bahwa bis patas yg akan ke jogja masih lama dtg nya dan klo yg mau naik bis patas AC bisa nambah 30rb dan pindah ke ekonomi duit jd balik 30rb. Langsung dah ngacir ke loket untuk nuker tiket jd yg Patas AC dan alhamdulillah msh bs kedapetan tmpt duduk..Bye..Bye..Jekardah..

Sabtu, 22 Desember 2012
Pukul 13.00 touchdown Terminal Giwangan,Jogja. Maklum lah kita naik bis Sumber Alam yang terkenal jalannya kyk keong alias lemot,mgkn jg krn yg nyetir itu kebanyakan orang jawa semua (alon-alon sing penting klakson..eh salah klakon hehehe). Dari terminal Giwangan kita jauh2 hari sebelumnya udah booking untuk sewa 7 motor di Andies Rental Motor dan janjian di terminal Giwangan. Motor sudah di dapat dan siap untuk meluncur ke Pathuk,Gunung Kidul. Di Pathuk itu ada  rumah Pakdenya dan Mbah nya Eko1,tp yang akan kita jadikan tempat untuk menginap adalah rumahnya Pakde nya Eko1. Tiba drmh Pakdenya Eko1 langsung berbenah dan siap2 untuk menuju Goa Pindul,sempat ragu mau ke Pindul atau ngga, krn waktu udah sore,tp klo ga hari ini ya ga ada waktu lain krn bsknya udh full jadwal.

Pukul 16.45 Sampai di Goa Pindul yang di kelola oleh Wirawisata. Goa Pindul ini berada tepatnya di kecamatan Karangmojo, desa Bejiharjo kira2 perjalanan dari Pathuk itu 30 menit. Salah satu service yg di berikan oleh pengelola Wirawisata,klo kita ga tau lokasi Goa Pindul kita bisa di jemput di alun-alun Wonosari dengan biaya gratis. Klo nanya2 akses ke Goa Pindul katanya kadang2 suka di caloin sama org yg nganter,ataupun yg nganter kita itu minta jatah ke pengelola Wirawisata dan untuk jaga2 kejadian tsb pihak Wirawisata memberikan free anter ke lokasi. Sampailah kita di Dusun Gelaran II yg merupakan kantor sekretariat dari Wirawisata. Krn peserta kita ada 15 org,kita dpt diskon 10% ,lumayan lah hehe. Kita ber-4 (Adi,Rian,Eko1,Eko2) sebelumnya udh pernah ke Goa Pindul Maret lalu tp siang hari, klo sekarang nyampe di lokasi aja udah jam 5.

Pukul 17.00 kita start memasuki Goa Pindul dengan perlengkapan pelampung dan ban. Di Goa Pindul ada 3 zona yaitu zona redup,gelap dan terang. Sebenernya di zona terang itu kita bisa loncat-loncatan di batu,tp karena berhubung waktu udah sore dan gelap ywd terpaksa kita lewatin (agak kecewa). Selesai dari Goa Pindul kita menuju ke Sungai Oya,waduh pas nyampe di sungai Oya udah magrib dan sang fajar sudah mulai menyembunyikan sinarnya (tsaaaah..puitis beud dah). Tp karena kita sudah terlanjur ambil paket sungai oya ya mau ga mau kita tubing malem2. Baru kali ini tubing di sungai malem2,emang sih jd kurang puas krn seharusnya di sungai oya itu banyak spot untuk terjun ke air dan bisa lbh menikmati,tp kemarin tubing sungai nya tergesa-gesa. Ya lumayan seru jg lah tubing gelap gulita,suasana mencekam (takut ada anaconda haha)

\

Selesai dari tubing Goa Pindul dan sungai Oya,kita kembali krmh Pakdenya Eko1 untuk makan malam dan istirahat.

#cerita selanjutnya 

NB:
- Untuk yg mau sewa motor,mending di booking dari jauh2 hari apalagi pas lg musim liburan.
- Klo ke pindul maksimal jam 3 sore udah di lokasi biar puas main air nya di Goa Pindulnya dan Sungai Oya.
- Info terakhir kesana,untuk kaum hawa yg sedang datang bulan (menstruasi) sudah di bolehkan ikutan cave tubing asalkan nyaman aja basah-basahan. Soalnya waktu Maret 2012 lalu yg lg dpt ga blh masuk untuk menjaga kesucian Goa.
- Klo ga tau jalan akses kesana minta jemput aja sama karyawan Wirawisata,biasanya di jemput di alun2 Wonosari. Krn kadang2 suka di caloin.

Andies Rental Motor Jogja : 081578889950 / Pin BB 32106C7E

Cave Tubing Goa Pindul : 25rb/org
Rafting Sungai Oya : 35rb/org
Kamar mandi : 2rb
Jasa penitipan tas : 1rb/brg

Info lengkap Goa Pindul
Blog Wirawisata : http://wirawisata.blogspot.com
Twitter : @wirawisata
cp: Haris Purnawan (0859 5965 6561)

regards,
anugrah

Camping Ceria di Gunung Papandayan

ceritanya menyusul yaah hehehe