Wednesday, May 23, 2012

Hampir Nyasar di Gunung Cikuray

Setelah mendaki Gn.Pulosari bulan lalu,wah ada tanggal merah lg nih 17 Mei (nama nya jg traveler ga betah drmh klo ada tanggal merah hahaha) ga tau knp lg addicted bgt sama yg nama nya naik gunung,sbnr nya dr dulu gw tertarik sama yg nama nya naik gunung tp berhubung bdn gw agak bohay (alias chubby hahaha) gw takut aja naik gunung,takut ga kuat naik soalnya wekekekekeekk..Ywd ajak anak2 yg lain dan ternyata hanya terkumpul 4 org doank (Gw,Jamal,Sogi,Hafiz), ywd ga masalah..hajar daaaaaah..Awal niat sih mau ke Gn.Papandayan tp kita pindah haluan ke Gn.Cikuray krn ngiler sama puncak nya yg katanya berasa di Negri Atas Awan. Kita sama sekali ga tau trek di sana,ya dgn bermodalkan info2 dari internet kita coba berangkat,bismillah aja.

Gn.Cikuray berada di Garut dgn ketinggian ada yg bilang 2.818 mdpl dan ada jg yg bilang 2.821 mdpl dan memiliki 3 jalur pendakian yaitu Bayongbong, Cikajang dan Dayeuh Manggung (Cilawu). Kita ambil jalur Dayeuh Manggung krn menurut info merupakan jalur yg tidak terlalu sulit dan ga terlalu terjal di banding jalur lain. Gn.Cikuray di sepanjang pendakian ga ada mata air sampai puncak,kita cuman bisa nemuin air di Pemancar doank, so kita hrs prepare air lebih dr cukup drpd kekurangan. 1 org bawa air 5 botol ukuran 1,5 liter..kebayang dah tuh berat nya tas hahaha.

Rabu, 16 Mei 2012
Perjalanan di mulai dari terminal Bekasi,jam 22.30 kita nyampe di terminal Bekasi dan sial nya ternyata bis nya udah abis td jam 22.00 waduh gmn nih??ywd dgn terpaksa kita naik bis Budiman Bisnis AC jurusan Tasik dgn biaya 40rb/org *nangis*..Kita di turinin di Nagreg jam 02.00 krn ga mungkin kita ikut ke Tasik,lanjut naik mobil elf jurusan terminal Garut (Guntur) nyampe jam 03.00,kita istirahat, mkn, solat subuh sambil nunggu angkot putih abu2 arah Dayeuh Manggung.

Kamis, 17 Mei 2012
Jam 06.00 kita sampai di Patrol (pintu menuju perkebunan Dayeuh Manggung),dr sini ke Pemancar jarak nya lumanyun dah klo jalan bs 3 jam,krn kita emang udh niat naik ojek (lumayan kn irit tenaga hahaha) ywd kita sewa ojek untuk ke Pemancar 30rb/org nya,perjalanan ke Pemancar kondisi jalan nya bebatuan udh gitu ojek nya ngebut bawa mtr nya,tau kn gmn rasanya naik motor di jalan bebatuan dgn kecepatan ngebut??ya begitu dah gujlak-gujlak bergetar-bergetar gmn gitu hahaha. Oia di tengah jalan kita ketemu Pos perkebunan,di situ kita di suruh ngisi buku tamu dan kena biaya 2rb/org. Jam 07.00 kita nyampe jg di Pemancar. Pemancar ini merupakan titik awal pendakian Gn.Cikuray dr sini puncak Cikuray sbnr nya udh deket palingan 3 jam (buat yg udh Pro pst,klo yg newbie mah bs 6 jam kyk kita hahaha) sblm berangkat kita sarapan dulu buat isi tenaga.

Monday, May 21, 2012

Gembel Mendaki Gunung Pulosari,Banten

Akhirnya gw bikin jg ceritanya,padahal udah sebulan yang lalu kita kesana..ya maklum dah admin nya sibuk (alesan..pdhl emang dasarnya males hahaha) ya mudah2an ga basi ceritanya.

Berawal dari ajakan salah satu temen kantor gw (Hilwan) buat naik gunung yg deket2 aja,ywd lah terpilih lah gunung Pulosari di daerah Pandeglang Banten dengan ketinggian 1346 mdpl (pendek sih buat yg udh biasa naik gunung,tp buat pemula lumayan daaaah). Ajak anak2 yg lain yg minat ikut naik gunung dan terkumpul lah ada 10 org (gw,jamal,nung,ryan,bekur,samsul,hilwan,aryani,riries,intan) yang lain nya pd ga bs ikut.

Jum'at, 6 April 2012
Jam 05.00 pagi cek point untuk kumpul di gang Gasun,kita naik angkot koasi 26 ke Halte Busway di Klender Lama,kita janjian sama Hilwan di terminal Kalideres. Jam 08.00 kita nyampe di terminal Kalideres lgsng nyari bus jurusan Labuan turun di Mengger, perjalanan memakan waktu sekitar 3 jam. Sampe di Mengger kita sewa angkot buat ke Desa Cilentung,bilang aja kita mau naik ke Gunung Pulosari. Sebenernya kita bisa minta angkot buat naik ke gapura awal start pendakian,tp kita lebih milih turun di warung Emak. Rata-rata pendaki yg mau naik lebih sering mampir di warung Emak sekedar beristirahat stlh perjalanan jauh dr Jakarta atau mengisi perbekalan buat di atas,krn ddpn warung emak ada warung kelontong. Sedangkan warung Emak semacam warung makan (warteg). Pantes aja banyak pendaki yg mampir ke warung Emak sebelum naik atau sebelum turun,soal nya Emak itu org nya ramah buaaaaaaannggggeeeeeeeeeet (lebay dah hahaha),tp emang bener doi ramah bgt,selain ramah masakan Emak tuh enak bgt dan ya jg murah hehehe. Oia di warung Emak kita jg bisa nitipin motor atau mobil,tp klo mau ngecamp/nginep lbh baik di titipin di dkt gapura,krn ada penitipan nya dan yg jagain.
Jam 13.00, setelah menunaikan ibadah solat Jum'at kita melanjutkan perjalanan ke gapura awal pendakian dgn berjalan kaki yg kira2 jarak nya tuh 1 km. Gapura awal nya berada di sebelah kiri,ada spanduk nya kok. Kita lgsng di suguhin jalan yg langsung menanjak,tp ga parah alias ga dengkul ketemu muka,tp buat org yg jarang olahraga dan ga pernah naik gunung lumayan bkin ngos-ngosan. Di tengah perjalanan kita di mintain tiket biaya  masuk per-orang nya 5rb. Trs lanjut jalan lg ketemu deh Curug Putri,trek setelah Curug Putri mulai berubah jd ga berbentuk,trek nanjak nya beda sama sebelumnya yg msh agak2 datar.