Tuesday, March 20, 2012

Kondangan di Kebumen yang berujung nge-Gembel ke Gunung Kidul

Dapet info sepupu gw (Mba Novi) mau nikahan di Kebumen tanggal 15 Maret 2012,nah itu tuh pas hari kamis alias pas hari kerja..ya mau ga mau gw hrs cuti 2 hari buat menghadiri pernikahan nya,gw pasti dtg krn dia sepupu gw yg tinggal drmh gw udah lama (udah kyk kakak gw sendiri). Trs ada niatan buat ngajak anak2 gembel buat ikut ke Kebumen, ternyata yg bisa ikut si Eko1,Eko2 sama Rian. Gw punya rencana dari Kebumen nanti lgsng ke Gunung Kidul,Jogja denger2 di sana ada Goa yg masih alami (Goa Pindul) dan pantai2 nya kata nya bersih2 dan berpasir putih,okelah tujuan udh di tentukan. Sebenernya msh ragu sama Rian & Eko2,si Rian hari kamis ternyata hari pertama masuk kerja (ywd dia di paksa suruh ijin aja,masuk nya senen aja hahaha),klo Eko2 blm bs kasih kepastian sampe hari H keberangkatan,tp pas hari H paginya dia sms klo dia bs ikut..waaaaah senangnya ada yg ikut lg..OK lah Rabu malem nya kita berangkat start dari Stasiun Pasar Senen.

Kamis,15 Maret 2012
Pagi nyampe lah kita di stasiun Kebumen,berangkat dari Jakarta bareng sama keluarga gw. Nyampe kampung halaman ngaso dulu trs langsung mandi krn akad nikah nya sekitar jam 9an. Skip aja dah prosesi pernikahan nya,yg pasti Alhamdulillah akad nikah nya lancar. Selesai akad nikah Bu'de gw ngajakin ke pantai Petanahan (salah satu objek wisata di Kebumen)..gw bilang "Yaah Bu'de Adi ngantuk mau tidur dulu",soal nya ntar gw mau nganterin Bu'de-Bu'de gw ke kampung nyokap gw (di Kebumen jg cuman beda kecamatan). Tp anak2 pd mau ke Pantai Petanahan jg,yasudlah brgkt kita pinjem mobil bokap. Karena kita kesana pas hari kerja tuh pantai sepi beuuuud,pengalaman gw tuh pantai selalu rame pas liburan,rame nya bs lbh rame dr Ancol.
Pantai Petanahan,Kebumen

Langsung skip ke malem dah,klo di ceritain semua bs panjang hehehe. Malem nya gw di suruh jd "Satria Bagus" alias Pager Bagus, mata sepet krn belom sempet tidur,di kereta jg cuman tidur ayam doank. Tp ttp ga mengurangi muka ganteng gw buahahahaha.

Jum'at, 16 Maret 2012

Pagi nya kita langsung meluncur ke Jogja untuk menyelsaikan misi kita sebenernya (ceileeeeh kyk James Bond) naik Bus ke Terminal Giwangan,buat ke Gunung Kidul kita sengaja nyewa motor di Jogja nya,krn setelah di itung2 lebih murah klo naik motor dan lbh gampang buat ke lokasi Goa Pindul dan Pantai. Jam 10.00 kita sampe di Giwangan,lgsng ketemuan sama rental motor trs lgnsg menuju Pathuk,Gunung Kidul yg kebetulan itu kampung nya si Eko1 dan kita jg rencana mau nginep drmh mbah nya Eko1 tp transit dulu drmh Pa'de nya buat soljum. Selesai soljum kita makan siang dan langsung menuju ke Goa Pindul buat cave tube dan rafting tube sungai Oya di Bejiharjo,Wonosari menaiki motor matic scoopy dan vario dgn jalan yg berkelok2 kyk di Puncak Bogor tp ini lawan nya kebaanyakan truk dan bus.
Cave Tube Goa Pindul


Pulang dari Goa Pindul kita balik lg krmh Pa'de nya eko yg inti nya sbnr nya kita numpang makan malem doank buehehehe..sekitar jam 8an malem kita menuju rmh mbah nya Eko1,sbnr nya sih kita udh di wanti2 sma Pa'de nya eko1 bsk aja ksna nya bahaya klo malem2 soal nya jalur nya ga aspal,krn kita penasaran sama tuh jalan kita ttp maksa buat malem itu jg ksna dgn di jemput sama Pa'le nya Eko1 dan di anterin. Di awal perjalanan menuju rmh mbah nya Eko1 jalanan nya masih aspal,berkelok-kelok dan sepi. Di tengah perjalanan kita berhenti sbntr buat liat pemandangan kota Jogja dari atas (berasa suasana Puncak Bogor),trs lanjut jalan lg dgn scoopy dan vario jalanan makin sepi dan gelap gulita,kanan kiri hutan,jarang motor lewat (waktu itu cuman motor kita doank bertiga yg lewat),nah ketemu pertigaan kita belok kiri masuk ke kebon dan persawahan yg bener2 sepi banget (kyk ga ada kehidupan tuh kampung) posisi motor gw paling belakangan boncengan sama Rian,si Eko1 boncengan sama Eko2.

Dalam perjalanan si Rian yg paling ribed bgt dah..krn ketakutan hahaha maklum dia ga punya kampung dan biasa tinggal di kota. Trs di perjalanan dia norak jg pas ngeliat ada kunang-kunang (emang sih di JKT udh jrg bgt kunang2), udah gitu dia nepok2 gw suruh liat kunang2..udah tau gw lg nyetir motor dan jalanan nya nanjak belak-belok malah di suruh liat kunang-kunang. Ketemu lg pertigaan kita belok lg dah..dan ternyata ini nih perjalanan sesungguh nya menuju rmh mbah nya Eko1,beuuuuuuuuh jalanan nya tanah licin di tambah batu2 di tambah rumput2,klo ga ati2 ya bisa nyungsep dah soal nya kita ke sana pas malem2 jd suasana nya gelap gulita.
Kondisi jalan menuju rumah mbahnya Eko1 pas siang hari

Sampailah drmh mbah nya Eko1,kita istirahat dah tidur di ruang tamu. Pas kita lg tidur tiba2 gw ngerasa di tgn gw ada semut..gw singkirin dah tuh semut..trs ada lagi..trs ada lagi..lagi..dan lagi..huaaaaaaa ternyata tiker kita di semutin sama semut kebon..lg asik2 molor malah di semutin,apa krn kita ga mandi kali yak hahaha.
Rumah Pa'le nya Eko1

Rumah Mbah nya Eko1

Sabtu, 17 Maret 2012
Pagi nya setelah sarapan kita lgsng menuju ke pesisir pantai di daerah Tepus,msh masuk kabupaten Gunung Kidul tp posisi nya di ujung alias hampir dkt ke Wonogiri. Tp kita belum tau mau ke pantai mana aja,krn di sana banyak bgt pantai nya tp yg jelas tujuan pertama kita adalah pantai Siung dan Pantai Timang.
Pantai Siung

Tebing Pantai Timang

Pulang dari Tepus dgn perjalanan yg lumayan ekstrim,jauh dan belok2 tp semua itu terbayar dgn suasana alam yg kita dpt di sana,empat jempol dah buat pantai nya khusus nya Pantai Timang. Nyampe rumah kita langsung mandi krn rencana malem nya kita mau menikmati malam terakhir di Jogja Kota,sekalian kangen sama kopi joss dkt stasiun tugu. Kali ini kita ga bakalan tidur drmh sodara nya Eko1 lg,kita berencana buat tidur di pom bensin atau di masjid sana.

Perjalanan turun dari Pathuk kita mampir dulu di tempat kyk warung gitu dah di pinggir jalan..ya semacam di warung2 di sekitar mesjid At-Tawun Puncak Pas Bogor,tp krn warung nya rame sama muda-mudi yg sedang memadu kasih (ceileeeeeh...pacaran dah inti nya) kita ga mampir di warung nya,sbnr nya sih bkn krn warung nya penuh tp krn kita udah ga punya duit lg buahahaha..ywd alhasil kita duduk2 aja dah di pinggir jalan nge-gangguin org2 yg lg pacaran berdua-duaan hahaha.

Kira2 jam 10an kita sampe di Jogja Kota,kita keliling2 dulu sambil menghabiskan waktu ampe malem,biar angkringan nya sepi dulu. Setelah melepas kangen sama kopi joss kita brgkt lg nyari lapak buat molor,cari2 pom bensin ga ada yg pas buat molor dan alhamdulillah kita ketemu mesjid,lupa gw nama mesjid nya sama lokasi nya dmn soal nya bawaan nya pgn molor aja dah..ya kira2 5 km dr malioboro lah. Ternyata banyak jg yg pd tidur di situ,warga2 situ jg sih kyk nya. Rencana tidur nya ganti2an buat jagain tas2,tp krn berhubung mata udah 5 watt dan jam udah hampir menunjukkan jam 3 pagi alhasil semua nya pd molor dan bangun2 pas azan subuh berkumandang dah.

Minggu, 18 Maret 2012
Selesai subuhan gw tidur lg,ga tau dah yg laen molor lg apa ga dan bangun2 udah jam 8an hahaha..Beres2,cuci muka,sikat gigi lgsng menuju Malioboro buat sarapan sekalian gw mau beli oleh2 buat pujaan hati di jakarta buehehehe. Jam 10an kita janjian buat balikin motor di dkt kantor pos tp yg ngambil ngaret ampe jam 11. Selesai transaksi motor kita naik TransJogja ke Prambanan,lagi2 krmh sodara nya Eko1 tp kali ini ade dari nyokap nya Eko1..dan lagi2 sebener nya niat kita selain silaturahmi kita sekalian mau numpang makan siang wakakakakakakk.

Selesai mandi dan makan siang jam 2.30 kita meluncur ke stasiun Lempuyangan buat kembali ke pangkuan Ibu Kota,kita naik kereta Progo gerbong 1 start dari St.Lempuyangan jam 16.45 nyampe Jakarta jam 02.00
St.Lempuyangan

"Happy wedding mba Novi dan mas Ali semoga menjadi keluarga yang sakinah,mawadah,warohmah dan di berikan keturunan yang soleh dan solehah,amin".


DANA
Pemasukan biaya : 3x350rb = 1.050.000

Pengeluaran biaya:
  • Tiket kereta Progo PP 4x70rb = 280 rb
  • Bus Kebumen Jogja 4x20rb = 80 rb
  • TransJogja Giwangan-Janti 4x3rb = 12 rb
  • Sewa motor Scoopy 2 hari 2x55rb = 110 rb
  • Sewa motor Vario 2 hari 2x60rb = 60 rb
  • Bensin total buat 2 motor selama di Jogja = 70 rb
  • Cave Tube Goa Pindul 4x25rb = 100 rb
  • Rafting Tube Sungai Oya 4x35rb = 140 rb
  • Uang Tips Pemandu = 30 rb
  • Aqua+Shampo = 8 rb
  • Retribusi Pantai Siung 4x3rb = 12 rb
  • Parkir Pantai Siung 2x2rb = 4 rb
  • Aqua 1 liter = 4 rb
  • Angkringan Jogja = 33 rb
  • TransJogja Malioboro-Prambanan 4x3rb = 12 rb
  • TransJogja Prambanan-RS.Betisda 4x3rb = 12 rb
  • Aqua = 10 rb
  • Biaya tak terduga = 65 rb

Total Pengeluaran Biaya = 1.042.000 (buat 4 orang selama 4 hari)

nb: Saran aja klo mau kesana lebih baik naik motor/sewa motor,krn di sana msh susah angkot buat ke Goa Pindul,Pantai Siung, apalagi klo mau ke Pantai Timang (sama sekali ga ada angkot,orang aja jarang hahaha).

warm regards,
anugrah

4 comments:

eddy.kaswanto@gmail.com said...

SIPLAH,NTR W MAU COBAINLAH,SUPAH W JD NGIRI NGLIATNYA,ABISNYA SERU BAGET DAH...HAHHAA....

Para Gembel Gembel said...

ini baru rangkuman nya doank,nanti gw ceritain masing2..Goa Pindul,Pantai Siung dan Pantai Timang :D

Anonymous said...

ayoooo akhh kesana lagi tanggal 5 baaaangg :(

Para Gembel Gembel said...

@anonim: tgl 6 mau naik ke pulosari wuehehehe :D