Sunday, March 25, 2012

Kata "INDAH" Aja Gak Cukup Buat Pantai Timang

Sabtu, 17 Maret 2012 tengah hari bolong..selesai dari Pantai Siung kita sebener nya mau menuju pantai Wediombo,tp kta nya kurang bagus trs kita kepikiran Pantai Timang dah krn penasaran sama alat penyebrangan warga situ buat nyari lobster ke tebing yg ada di sebrang. Krn kita ga tau arah nya ywd kita nanya sama bapak2 yg ada di pos masuk Pantai Siung,ternyata kita kelewatan seharusnya td sebelum keluar kita belok kiri,tp kita di tunjukin jalan yg lain dan ternyata kita nyasar hahaha. Ywd tanya lg sama mas2,di tunjukin jalan nya kira2 3km atau 4km (lupa gw mas nya bilang brp km hahaha),trs kita di giniin "Wah klo motor ini mah ga bakalan bisa mas,krn jalanan nya parah..batu2" kebetulan kita pake motor matic,galau dah kita..terusin apa ngga??..terusin apa ngga??..terusin apa ngga?? krn moto baru kita "Jangan pernah bilang GAK BISA..klo kita sendiri belom pernah MENCOBA" ywd dgn semangat dan tekad yg membara kita lanjut menuju Pantai Timang dgn mengabaikan pesan mas-mas td.

Masuk ke jalan perkampungan yg kondisi jalan nya masih wajar (kanan kiri jalan nya sengaja di cor buat motor lewat) kondisi itu cuman berlangsung kira2 500 meter doank selanjut nya jalanan mulai bebatuan. Wah trek nya emang bener2 lumanyuuuuuun,selain jalanan dgn batu2 yg ga rata dan tajem2 (ngeri ban nya bocor aja), jalanan nya jg naik turun belak belok (yaaa mirip2 trek sepeda nya Rindu Alam-Gadog dah), tp jalanan nya lebar bisa muat mobil. Setelah kira2 hampir 1 jam perjalanan menuju Pantai Timang dgn jalan yg turun naik..belak-belok..bebatuan yg tajem2..brp kilometer nya jg gw ga tau pasti sbnr nya brp km?soal nya gw ga ngitungin jalan nya,gw sibuk milih2 jalan yg bagus hahaha. Pas lg ngaso kita mendengar suara2 ombak bergemuruh (ceileeeeeeeh....) trs kita mulai jalan lagi dan tebing pantai nya keliatan,waaaaaah senang nya hati ini ternyata sampai jg kita di pantai Timang.

Perjalanan Menuju Pantai Timang

Oh iya selama perjalanan menuju Pantai Timang setelah lewatin perkampungan kita sama sekali ga ketemu sama orang.tp kita cuman ngeliat motor2 di pinggir jalan dgn keadaan motor ga di kunci stang malahan kunci nya masih nyantel di motor (gak takut ilang apa yak??) kyk nya org nya lg ke kebun yg masuk lg ke pelosok yg ga bisa di capai pake motor. Sampai di Pantai Timang kita ngeliat ada mobil panther biru klo ga salah,tp warna nya bener biru. Wah ternyata ada orang lain selain kita yg ke pantai Timang dan setelah di liat mobil nya ada tempelan TRANS7, dengan sedikit agak norak "eh..eh..mobil Tans7 nih,jgn2 mereka lg ngeliput nih..ya mudah2an aja kita di wawancarai hahaha #ngareeeeep.." Disaat kita lg siap2 menuju pantai ada salah satu org yg nyamperin kita nunjukin jalan ke tebing nya dan ke pantai nya (gw pikir tuh pantai timang cuman tebing doank,eh ternyata ada pantai berpasir putih nya jg) dan kita di kasih tau jgn naik gondolanya krn berbahaya.

Kita naik ke tebing lewat jalan setapak yg jalan nya masih ngeraba-raba,krn jalan nya blm terlalu kebentuk,yaaa soal nya ini pantai jarang bgt ada yg kesini,mgkn cuman org2 terntentu aja yg tau ada ini pantai dan yg pasti yg sering kesini cuman warga lokal situ aja yg mau nyari lobster. Pas kita sampe di atas tebing eh beneran kita ngeliat ada gondola yg menghubungkan ke tebing di sebrang sana,dan gw ngeliat sekitaran waaaaaaaah subhanallaaaaaaah amazing bgt pemandangan nya,terlihat jejeran tebing2 tinggi yg dasar nya di terpa ombak2 khas pantai selatan yg terkenal ombak nya tuh gede2. Pemandangan nya luar biasa keren,mgkn lebih keren dari Pantai Siung. Dari atas tebing tuh bawah nya lgsng jurang kira2 30 meter. Kita ga mungkin naik tuh gondola,angin nya kenceng bgt meeeeeen dan gondola nya ga safety liata aja tali nya bkn tali sling baja,pondasi nya cuman kayu,trs gondola nya jg dari kayu..klo ada pengaman nya sih gpp..lah klo jatoh kn langsung ke bawah yg ketinggian nya kira2 30 meter trs keterpa ombak2 besar khas pantai kidul..ga bisa ngebayangin dah..

Puas di atas tebing pantai Timang kita menuju pantai nya yg berpasir putih (bkn putih sih warna nya tp agak2 coklat krem gtu). Kita turun lg kebawah dgn jalan yg sama pas mau naik ke atas dan jalan nya jg setapak. Pertama kali nyampe di pantai pasir nya,beuuuuuuh berasa di pulau pribadi krn cuman ada kita doank ber4 yg dstu,wah pantai nya msh bersih bangeeeeet..pasir nya putiiiiiiih..dan ombak nya gede-gedeeeeee. Sungguh takjub sama keindahan nya Pantai Timang,mgkn saat ini pantai Timang pantai terindah yg pernah gw jumpain.

Suasana Pantai Timang

Dari pantai kita naik lg ke atas buat siap2 pulang,eh pas lg siap2 mau pulang kita di samperin sama salah satu crew Trans7 (yg kita baru tau nama nya mas Wahyu),dia mau wawancari kita.."weeeeeew yg td nya ngarep malah jd beneran kita mau di wawancarain hahaha makin norak" sapa jg yg ga mau masuk tipi..ya mudah2an aja kita masuk tipi beneran ahahahaha..Kita balik lg ke pantai nya melakukan apa yg td kita lakukan dsna (mau di ambil soooooting katanya). Mereka ternyata dari program acara INDONESIAKU,salah satu acara Trans7 tentang kehidupan tanah air Indonesia dgn reporter nya nama nya mba Mila dan kameramen nya nama nya mas Wahyu. Eh ternyata kita bener2 masuk tipi loh,kmren selasa gw nonto acara nya di Trans7..kita bertiga nongol di tipi ya walaupun cuman sesaat doank hahaha..Selesai wawancara sma tim IndonesiaKu Trans7 kita langsung pulang,krn waktu udh hampir sore ywd kita ga mampir lg ke pantai2 lain nya kita lgsng pulang ke Pathuk lg. Perjalanan pulang ternyata ga semudah perjalanan berangkat ke pantai timang,pas berangkat sih enak jalanan nya sering turunan pas pulang nya nanjak mulu hahaha..klo kata pepatah "bersusah-susah dahulu..bersenang-senang kemudian.." tp klo perjalanan ke Pantai Timang pepatah nya gini.."bersusah-susah dahulu,bersenang-senang kumudian dan bersusah-sudah lagi" hahahaha. Pas pulang malahan yg di bonceng kudu sering2 turun krn ga kuat nanjak,klo jalanan nya alus sih pasti kuat,ini krn jalanan nya ancur ya susah klo boncengan,mentok batu mulu.

Oh iya ada yg unik lg,alhamdulillah kita udh nemu jalan raya lagi yg pasti jalanan nya udah alus lagi dan bisa memacu si kuda besi dgn kecepatan penuh lg alias ngebut. Pas perjalanan menuju kota Wonosari di jalan kita ngeliat orang dari arah lawan ngelambain 2 jari (lambang piss,tp miring) trs jg orang2 di sebelah kiri sama kasih tanda ngelambain 2 jari telunjuk dan tengah..gw yg boncengan sama Rian heran.."apaan sih tuh yan,kok pada ngelambain 2 jari??" ; Rian:"lampu sen lo kali blm di matiin" oh iya lupa gw lampu sen gw blm di matiin,tp pas udh di matiin ttp aja org2 kasih tanda itu. Hmm..ternyata tanda tadi itu mereka kasih tau kita klo di depan itu ada razia besar2an,banyak bgt polisi nya dan razia nya tuh di tengah hutan jd org2 ga bisa nyari jalan pintas hahaha. Ywd kita berdua di berhentiin sama salah satu polisi,kasih surat2 SIM dan STNK,trs polisi nya nanya "loh kok SIM nya Jakarta??" ywd gw bilang aja "iya pak,kita lg liburan di rumah sodara pak" hahaha padahal itu motor kn motor sewaan,alhamdulillah kita berdua ga kena tilang. Waaah baru tau gw klo di kampung tuh klo ada razia tanda nya kyk gitu,gw tanya bokap gw jg emang kyk gitu tanda nya klo di kampung..ooooooh baru tauuu gw.Buat pengalaman klo naik motor di kampung.

Kelar dah tulisan gw tentang eksplore Gunung Kidul,masih banyak lg keindahan alam Gunung Kidul yg masih belum kita sentuh dan tentunya lokasi nya jg blm banyak terjamah manusia. Insya ALLAH klo ada waktu yg cukup gw pgn ke Goa Si Oyot, Goa Jomblang dan susur lg pantai2 di Wonosari. Tp gw takut klo udh banyak orang2 yg ngejamah lokasi2 itu,pantai2 yg bersih jd banyak sampah2 botol,sampah plastik,dinding2 tebing nya yg bersih jd banyak tulisan2..yaa apa mungkin emang udah jd tugas nya manusia buat ngerusak alam yg indah ini??pasti nya itu di mulai dari diri kita sendiri,kita mau jd penjaga alam ini atau menjadi perusak alam yg indah ini,semua nya ballik lg ke diri kita masing2.


"Alam gak punya salah apa-apa sama manusia..tetapi manusialah yang punya salah dengan alam..semuanya balik lagi ke diri kita masing-masing mau jadi apa??mau menjadi penjaga alam atau ingin menjadi perusak alam yang indah ini. Anak cucu kita berhak menikmati alam Indonesia yg indah ini."



warm regards,
anugrah

6 comments:

Riries Aulia said...

pliss ajak2 gw laen waktu ke tempat ini..kerenn..beautifull euy pantai nya

Para Gembel Gembel said...

@riries: wani piroooooooo???

Anonymous said...

Ga ada info kulinernya ya¿¿

paragembelgembel said...

@anonim:kita kesana bkn untuk kulineran hehehe..hanya untuk menikmati alam aja :)

lovelydebz said...

mau juga ikutan kalo ada trip seru lagi :) kepantai apalagi...

IHSAN HERMAWAN said...

Otw pantai timang bero