Thursday, March 22, 2012

Cave Tubing Goa Pindul dan Susur Sungai Oya Gunung Kidul

Setelah menempuh perjalanan menuju ke alun2 kota Wonosari dgn trek yg berkelok-kelok yg lawan nya bus-bus lintas provinsi dan truk2 sampe jg kita di alun2 Wonosari,kira2 jarak dari Pathuk ke alun2 sekitar 40km kyk nya dah,lama perjalanan kira2 1 jam lah. Gw info ke mas Haris ketua dari Wirawisata (pengelola Goa Pindul) klo kita jd ksna dan sdg otw. Kita di jemput di alun2 krn kita ga tau jalur ksna nya dan emang Wirawisata bersedia jemput dgn ongkos free. Goa Pindul terletak di Bejiharjo,Karangmojo, dari alun2 menuju Goa Pindul kira2 sekitar 7km dgn trek perjalanan yg udh di aspal dan ga belok2. Waktu itu yg jemput kita klo ga salah nama nya Pak Gunawan deh (klo ga salah hehehe).

Sesampainya kita di sekretariat nya Wirawisata kita lgsng di sambut ramah sama pengurus2 Wirawisata dan di jelaskan paket2 yg udah di sediain sama Wirawisata. Oh iya pengelola Goa Pindul itu klo ga salah ada 2: Wirawisata dan Dewa Bejo,kedua nya sama2 menyuguhkan paket wisata yg sama dan kebetulan gw milih Wirawisata krn hrga nya lbh murah 5rb wuehehehe (5rb jg duit kaleee). Waktu itu gw lg ngomongin Goa Pindul di twitter sama tmn BPI (Backpacker Indonesia) eh tau2 nya ada yg ngetwit nawarin paket goa pindul..lah tau aja nih gw lg ngomongin Goa Pindul hahahaha ternyata itu twitter resmi nya Wirawisata yg ngetwit gw.Kita ambil paket cave tubing Goa Pindul sama susur Sungai Oya,td nya gw mau ambil paket yg ke Goa Si Oyot tp krn lg musim ujan goa nya ketutup air dan ga bisa di akses masuk,ywd lah gpp bs lain waktu. Kita di suruh ambil pelampung dan ban satu2 trs kita perkenalan,sedikit briefing dan berdoa. Dgn membawa ban yg lumayan gede,ya kira2 bekas ban dalem truk lah,kita berjalan menuju pintu masuk Goa Pindul yg berjarak kira2 500m dari basecamp. Oh iya waktu itu kita ksna pas hari kerja alias hari Jum'at jd sepi bgt yg dtg ya kira2 cman ada 3 rombongan doank termasuk kita. Pas nyampe mulut goa..waaaah subhanallah cantik nian nih goa,yg sblm nya gw cman liat di internet skrg gw bs liat lgsng. Sbnr nya sih tuh goa biasa aja tp ga tau knp pas gw liat tuh cantik bgt (mgkn tuh goa punya inner beauty kali yak hahaha)Kita masuk perlahan2 ke goa dgn menggunakan ban yg kita bawa td dgn di dampingi oleh 2 pemandu (mas Andi dan mba siapa lupa nama nya gw hahaha). Di atas goa itu ada rumah loh,ya lumayan gede rmh nya,jd rumah itu di bikin buat sarang burung walet sama pemerintah setempat dan goa itu dulu di tutup buat umum krn buat sarang walet,tp ga tau knp walet2 nya itu ga mau tinggal drmh yg dbkin itu,mgkn krn kurang lembab atau gmn gw ga ngerti jg dah,ada nya cuman kelelawar (mgkn jg walet nya kalah saing kali yak sama kelelawar nya wuehehehe). Di dalem goa ada zona remang2 (kyk warung aja wuehehehe),zona gelap dan zona terang. Pas di dalem nya wooooow subhanallah banyak stalagmit yg unik2 dan mempesona,ada yg berbentuk tirai,yg berkilau-kilau kyk kristal,oh iya di Goa Pindul ada stalagmit terbesar dan menurut info stalagmit itu terbesar no.4 di dunia pas kita lewatin stalagmit nya kyk bkn stalagmit krn ujung nya masuk ddlm air,info dari pemandu nya dari air sampe ujung stalagmit itu kira2 panjang nya 5 meteran..beuuuuuuh dalem jg brarti nih goa. Di dalem jg ada yg nama nya batu perkasa,kta nya sih klo laki2 yg megang bisa perkasa beuuuuuuuuh mantab hahaha.
Stalagmit yang masih aktif

Stalagmit terbesar di Goa Pindul dan terbesar n0.4 di dunia

Masuk ke zona terang kita narsis2 dulu,zona terang ini krn atas nya itu bolong,ya bisa di bilang pintu masuk Goa Pindul secara vertikal. Di dalem goa kita bisa loncat dari atas batu (ya ga lumayan tinggi sih,tp bkin jantung deg2an jg). Si Eko2 yg ga mau loncat,kta nya ga bisa berenang (lah kita kn pake pelampung,knp takut tenggelem gw jg ga bs berenang) tp kita paksa akhir nya mau jg dia. Selesai loncat2an kita keluar goa,total panjang keseluruhan goa itu kira2 350an meter dah. Di luar pintu goa kita jg di tantang buat loncat lg tp kali ini tinggi nya lumayan sekitar 5 meter,Eko2 lgsng blng ga berani buahahaha. Gw dgn pedenya ikut2an naik ke atas ngikutin Eko1 dan Rian,tp pas gw ngeliat ke bawah lgsng ngedown gw,ga jd dah gw hehehe. Tp pas ngeliat Eko1 sama Rian loncat wah kyk nya ekstrem jg tuh dan menantang,okelah gw coba walapun cuman sekali doank. Yg bkin gw aneh tuh tiap kali gw loncat knp gw muncul ke permukaan nya lama yak??mgkn krn bobot gw yg berlebih kali wakakakakakakk..Selesai loncat2an kita lgsng menuju sungai Oya dgn berjalan kaki yg kira2 jarak nya 1km menurut gw,tp pemandu nya blng cman 500m,ya beda lah itungan org di desa sama di jkt hahaha. Sungai Oya waktu itu ga terlalu deres,mgkn klo abis ujan arus nya bs deres. Masih pake ban yg td kita bawa kita mulai menyusuri sungai Oya,yg unik dari sungai Oya ini jejeran batu2 yg ada di pinggir nya,gw jg ga tau batu nya tuh bs kyk gitu bentuk nya aneh2. Di tengah jalan kita ketemu air terjun yg ga tinggi2 amat,trs ada tempat loncatan lg,kyk nya kita ketagihan loncat2 dah ywd kita loncat lg dari batu ya kira2 tinggi nya 5m lah,lagi2 yg ga mau loncat itu si Eko2 hahaha. Selesai loncat kita lgsng ngelanjutin perjalanan sampai finish,trs kita di jemput pake mobil bak terbuka buat balik lg ke sekretariat Wirawisata. Dan ternyata kita tuh kloter terakhir yg main di sana hahaha.Wah bener2 pengalaman baru buat kita,keindahan alam yg masih asli yg di suguhkan Goa Pindul dan Sungai Oya. Keramah tamahan yg di sajikan Wirawisata,terlihat dari orang2 nya yg selalu tersenyum sama org2 yg sebener nya bkn warga asli situ alias cuman tamu. Mudah2an bsk2 kita bs main lg ksna buat jajalin Goa Si Oyot nya yg kata nya ekstrim krn susur masuk goa dgn berjalan kaki.


nb: Klo ke Goa Pindul mendingan naik motor atau kendaraan lain,krn klo naik angkot kyk nya ga ada angkot yg ksna dah. Trs buat yg lg dapet atau haid di larang masuk goa pindul krn goa nya sakral dan suci.


Cave Tubing Goa Pindul : 25rb/org
Rafting Sungai Oya : 35rb/org
Kamar mandi : 2rb
Jasa penitipan tas : 1rb/brg

Info lengkap Goa Pindul
Blog Wirawisata : http://wirawisata.blogspot.com
Twitter : @wirawisata
cp: Haris Purnawan (0859 5965 6561)

warm regards,
anugrah

6 comments:

WIRAWISATA GELARAN II said...

lha busetdah, gak lah kalo 1km dari goa pindul ke sungai oyo :D

tengkiyu mas sudah maen ke goa pindul, semoga berkesan ya :))

Para Gembel Gembel said...

@wirawisata: hahaha,berasa jauh krn pas di sawah kn belak-belok jalan nya :D

sama2 mas,pastinya sangat berkesan..di tunggu buat si oyot nya :)

fawaizzah said...

Beberapa waktu lalu aku dan teman2 komunitas Canting Jogja juga Cuvetubing, tapinya di Kalisuci.

rencananya, bulan depan mau ke Sungai Oya.

Tulisannya sangat menarik, jadi tak sabar :)

Para Gembel Gembel said...

@fawaizzah: saya jg punya rencana mau kesitu jg,asik tuh kyk nya cavetube di kalisuci..klo ke pindul sekalian aja ke goa si oyot,lbh seru

Wirawisata said...

kapan main lagi ke Wirawisata,sekarang udah banyak perubahan dari kami.Tengok kami disini akan kami sambut hangat dengan wedang pindul.
harga dan website kami sudah banyak perubahan kami sekarang di

http://www.goapindulwirawisata.com

kami tunggu kedatangannya kembali...yang tentunya masih di sini WiraWisata Goa Pindul

Mp Blogger 3 said...

Goa pindul emang keren banget deh
semoga pariwisata Indonesia makin maju