Sunday, March 25, 2012

Kata "INDAH" Aja Gak Cukup Buat Pantai Timang

Sabtu, 17 Maret 2012 tengah hari bolong..selesai dari Pantai Siung kita sebener nya mau menuju pantai Wediombo,tp kta nya kurang bagus trs kita kepikiran Pantai Timang dah krn penasaran sama alat penyebrangan warga situ buat nyari lobster ke tebing yg ada di sebrang. Krn kita ga tau arah nya ywd kita nanya sama bapak2 yg ada di pos masuk Pantai Siung,ternyata kita kelewatan seharusnya td sebelum keluar kita belok kiri,tp kita di tunjukin jalan yg lain dan ternyata kita nyasar hahaha. Ywd tanya lg sama mas2,di tunjukin jalan nya kira2 3km atau 4km (lupa gw mas nya bilang brp km hahaha),trs kita di giniin "Wah klo motor ini mah ga bakalan bisa mas,krn jalanan nya parah..batu2" kebetulan kita pake motor matic,galau dah kita..terusin apa ngga??..terusin apa ngga??..terusin apa ngga?? krn moto baru kita "Jangan pernah bilang GAK BISA..klo kita sendiri belom pernah MENCOBA" ywd dgn semangat dan tekad yg membara kita lanjut menuju Pantai Timang dgn mengabaikan pesan mas-mas td.

Masuk ke jalan perkampungan yg kondisi jalan nya masih wajar (kanan kiri jalan nya sengaja di cor buat motor lewat) kondisi itu cuman berlangsung kira2 500 meter doank selanjut nya jalanan mulai bebatuan. Wah trek nya emang bener2 lumanyuuuuuun,selain jalanan dgn batu2 yg ga rata dan tajem2 (ngeri ban nya bocor aja), jalanan nya jg naik turun belak belok (yaaa mirip2 trek sepeda nya Rindu Alam-Gadog dah), tp jalanan nya lebar bisa muat mobil. Setelah kira2 hampir 1 jam perjalanan menuju Pantai Timang dgn jalan yg turun naik..belak-belok..bebatuan yg tajem2..brp kilometer nya jg gw ga tau pasti sbnr nya brp km?soal nya gw ga ngitungin jalan nya,gw sibuk milih2 jalan yg bagus hahaha. Pas lg ngaso kita mendengar suara2 ombak bergemuruh (ceileeeeeeeh....) trs kita mulai jalan lagi dan tebing pantai nya keliatan,waaaaaah senang nya hati ini ternyata sampai jg kita di pantai Timang.

Perjalanan Menuju Pantai Timang

Oh iya selama perjalanan menuju Pantai Timang setelah lewatin perkampungan kita sama sekali ga ketemu sama orang.tp kita cuman ngeliat motor2 di pinggir jalan dgn keadaan motor ga di kunci stang malahan kunci nya masih nyantel di motor (gak takut ilang apa yak??) kyk nya org nya lg ke kebun yg masuk lg ke pelosok yg ga bisa di capai pake motor. Sampai di Pantai Timang kita ngeliat ada mobil panther biru klo ga salah,tp warna nya bener biru. Wah ternyata ada orang lain selain kita yg ke pantai Timang dan setelah di liat mobil nya ada tempelan TRANS7, dengan sedikit agak norak "eh..eh..mobil Tans7 nih,jgn2 mereka lg ngeliput nih..ya mudah2an aja kita di wawancarai hahaha #ngareeeeep.." Disaat kita lg siap2 menuju pantai ada salah satu org yg nyamperin kita nunjukin jalan ke tebing nya dan ke pantai nya (gw pikir tuh pantai timang cuman tebing doank,eh ternyata ada pantai berpasir putih nya jg) dan kita di kasih tau jgn naik gondolanya krn berbahaya.

Kita naik ke tebing lewat jalan setapak yg jalan nya masih ngeraba-raba,krn jalan nya blm terlalu kebentuk,yaaa soal nya ini pantai jarang bgt ada yg kesini,mgkn cuman org2 terntentu aja yg tau ada ini pantai dan yg pasti yg sering kesini cuman warga lokal situ aja yg mau nyari lobster. Pas kita sampe di atas tebing eh beneran kita ngeliat ada gondola yg menghubungkan ke tebing di sebrang sana,dan gw ngeliat sekitaran waaaaaaaah subhanallaaaaaaah amazing bgt pemandangan nya,terlihat jejeran tebing2 tinggi yg dasar nya di terpa ombak2 khas pantai selatan yg terkenal ombak nya tuh gede2. Pemandangan nya luar biasa keren,mgkn lebih keren dari Pantai Siung. Dari atas tebing tuh bawah nya lgsng jurang kira2 30 meter. Kita ga mungkin naik tuh gondola,angin nya kenceng bgt meeeeeen dan gondola nya ga safety liata aja tali nya bkn tali sling baja,pondasi nya cuman kayu,trs gondola nya jg dari kayu..klo ada pengaman nya sih gpp..lah klo jatoh kn langsung ke bawah yg ketinggian nya kira2 30 meter trs keterpa ombak2 besar khas pantai kidul..ga bisa ngebayangin dah..

Friday, March 23, 2012

Pesona Pantai Siung dengan Tebingnya yang Tinggi dan Pasirnya yang Putih

Masih dalam rangka mengekpslore keindahan alam Gunung Kidul salah satu kabupaten di Jogja. Setelah sarapan pagi (yg jelas sarapan nya sekalian rapel buat siang,jd porsinya banyak hahaha) kita lgsng menuju pantai2 yg ada di daerah Tepus,Wonosari. Nanya sama Pa'le nya eko Tepus itu jauh bgt udah hampir perbatasan Wonogiri,tp itu ga mematahkan semangat 45 kita yg sedang membara..ceileeeeeh. Setelah kmren kita abis dari goa pindul yg letak nya ga jauh dari alun2 Wonosari sekitar 7km,kita masih lurus lg ke arah Tepus (Pantai Baron,tp jauh jg dr pantai Baron) ya kira2 dari alun2 Wonosari ke Pantai Siung hmmm...60km kali yak..pokok nya perjalanan dari Pathuk ke Pantai Siung hampir 2,5 jam klo ga salah dah,itu si kuda besi kita pacu dgn kecepatan rata2 70-80km/jam selama perjalanan. Jalan kesana kita ga tau sama sekali,kita cuman ngandelin petunjuk jalan aja dan klo udh ragu nanya2 sama warga sekitar pokok nya patokan nya Tepus dah.

Perjalanan Meuju Pantai Siung

Perjalanan menuju pantai Siung beuuuh mantaaaaaaab,trek kelok-kelok nya berasa lg naik jetcoster di Dufan dah,jd pas ada tanjakan yg lumayan tinggi tuh jalanan lgsng turunan yg lumayan tajem kebawah,beuuuh keren dah. Jalanan ke Pantai Siung jg udah aspal semua dan kondisi jalan nya bagus. Sekitar jam 10.30 kita sampe di Pantai Siung,waaaaah pantainyaaaaaaa...kereeeeeeen..pantai nya tergolong bersih klo pun ada sampah pinggir pantai itu sampah bawaah dari laut,sampah pepohonan. Pas lg nikmatin pantai nya kita penasaran sama tebing yg di ujung krn ada jalan setapak buat ke sana,kyk nya sih org sering ke sana okelah kita coba.

Thursday, March 22, 2012

Cave Tubing Goa Pindul dan Susur Sungai Oya Gunung Kidul

Setelah menempuh perjalanan menuju ke alun2 kota Wonosari dgn trek yg berkelok-kelok yg lawan nya bus-bus lintas provinsi dan truk2 sampe jg kita di alun2 Wonosari,kira2 jarak dari Pathuk ke alun2 sekitar 40km kyk nya dah,lama perjalanan kira2 1 jam lah. Gw info ke mas Haris ketua dari Wirawisata (pengelola Goa Pindul) klo kita jd ksna dan sdg otw. Kita di jemput di alun2 krn kita ga tau jalur ksna nya dan emang Wirawisata bersedia jemput dgn ongkos free. Goa Pindul terletak di Bejiharjo,Karangmojo, dari alun2 menuju Goa Pindul kira2 sekitar 7km dgn trek perjalanan yg udh di aspal dan ga belok2. Waktu itu yg jemput kita klo ga salah nama nya Pak Gunawan deh (klo ga salah hehehe).

Sesampainya kita di sekretariat nya Wirawisata kita lgsng di sambut ramah sama pengurus2 Wirawisata dan di jelaskan paket2 yg udah di sediain sama Wirawisata. Oh iya pengelola Goa Pindul itu klo ga salah ada 2: Wirawisata dan Dewa Bejo,kedua nya sama2 menyuguhkan paket wisata yg sama dan kebetulan gw milih Wirawisata krn hrga nya lbh murah 5rb wuehehehe (5rb jg duit kaleee). Waktu itu gw lg ngomongin Goa Pindul di twitter sama tmn BPI (Backpacker Indonesia) eh tau2 nya ada yg ngetwit nawarin paket goa pindul..lah tau aja nih gw lg ngomongin Goa Pindul hahahaha ternyata itu twitter resmi nya Wirawisata yg ngetwit gw.Kita ambil paket cave tubing Goa Pindul sama susur Sungai Oya,td nya gw mau ambil paket yg ke Goa Si Oyot tp krn lg musim ujan goa nya ketutup air dan ga bisa di akses masuk,ywd lah gpp bs lain waktu. Kita di suruh ambil pelampung dan ban satu2 trs kita perkenalan,sedikit briefing dan berdoa. Dgn membawa ban yg lumayan gede,ya kira2 bekas ban dalem truk lah,kita berjalan menuju pintu masuk Goa Pindul yg berjarak kira2 500m dari basecamp. Oh iya waktu itu kita ksna pas hari kerja alias hari Jum'at jd sepi bgt yg dtg ya kira2 cman ada 3 rombongan doank termasuk kita. Pas nyampe mulut goa..waaaah subhanallah cantik nian nih goa,yg sblm nya gw cman liat di internet skrg gw bs liat lgsng. Sbnr nya sih tuh goa biasa aja tp ga tau knp pas gw liat tuh cantik bgt (mgkn tuh goa punya inner beauty kali yak hahaha)Kita masuk perlahan2 ke goa dgn menggunakan ban yg kita bawa td dgn di dampingi oleh 2 pemandu (mas Andi dan mba siapa lupa nama nya gw hahaha). Di atas goa itu ada rumah loh,ya lumayan gede rmh nya,jd rumah itu di bikin buat sarang burung walet sama pemerintah setempat dan goa itu dulu di tutup buat umum krn buat sarang walet,tp ga tau knp walet2 nya itu ga mau tinggal drmh yg dbkin itu,mgkn krn kurang lembab atau gmn gw ga ngerti jg dah,ada nya cuman kelelawar (mgkn jg walet nya kalah saing kali yak sama kelelawar nya wuehehehe). Di dalem goa ada zona remang2 (kyk warung aja wuehehehe),zona gelap dan zona terang. Pas di dalem nya wooooow subhanallah banyak stalagmit yg unik2 dan mempesona,ada yg berbentuk tirai,yg berkilau-kilau kyk kristal,oh iya di Goa Pindul ada stalagmit terbesar dan menurut info stalagmit itu terbesar no.4 di dunia pas kita lewatin stalagmit nya kyk bkn stalagmit krn ujung nya masuk ddlm air,info dari pemandu nya dari air sampe ujung stalagmit itu kira2 panjang nya 5 meteran..beuuuuuuh dalem jg brarti nih goa. Di dalem jg ada yg nama nya batu perkasa,kta nya sih klo laki2 yg megang bisa perkasa beuuuuuuuuh mantab hahaha.
Stalagmit yang masih aktif

Tuesday, March 20, 2012

Kondangan di Kebumen yang berujung nge-Gembel ke Gunung Kidul

Dapet info sepupu gw (Mba Novi) mau nikahan di Kebumen tanggal 15 Maret 2012,nah itu tuh pas hari kamis alias pas hari kerja..ya mau ga mau gw hrs cuti 2 hari buat menghadiri pernikahan nya,gw pasti dtg krn dia sepupu gw yg tinggal drmh gw udah lama (udah kyk kakak gw sendiri). Trs ada niatan buat ngajak anak2 gembel buat ikut ke Kebumen, ternyata yg bisa ikut si Eko1,Eko2 sama Rian. Gw punya rencana dari Kebumen nanti lgsng ke Gunung Kidul,Jogja denger2 di sana ada Goa yg masih alami (Goa Pindul) dan pantai2 nya kata nya bersih2 dan berpasir putih,okelah tujuan udh di tentukan. Sebenernya msh ragu sama Rian & Eko2,si Rian hari kamis ternyata hari pertama masuk kerja (ywd dia di paksa suruh ijin aja,masuk nya senen aja hahaha),klo Eko2 blm bs kasih kepastian sampe hari H keberangkatan,tp pas hari H paginya dia sms klo dia bs ikut..waaaaah senangnya ada yg ikut lg..OK lah Rabu malem nya kita berangkat start dari Stasiun Pasar Senen.

Kamis,15 Maret 2012
Pagi nyampe lah kita di stasiun Kebumen,berangkat dari Jakarta bareng sama keluarga gw. Nyampe kampung halaman ngaso dulu trs langsung mandi krn akad nikah nya sekitar jam 9an. Skip aja dah prosesi pernikahan nya,yg pasti Alhamdulillah akad nikah nya lancar. Selesai akad nikah Bu'de gw ngajakin ke pantai Petanahan (salah satu objek wisata di Kebumen)..gw bilang "Yaah Bu'de Adi ngantuk mau tidur dulu",soal nya ntar gw mau nganterin Bu'de-Bu'de gw ke kampung nyokap gw (di Kebumen jg cuman beda kecamatan). Tp anak2 pd mau ke Pantai Petanahan jg,yasudlah brgkt kita pinjem mobil bokap. Karena kita kesana pas hari kerja tuh pantai sepi beuuuud,pengalaman gw tuh pantai selalu rame pas liburan,rame nya bs lbh rame dr Ancol.
Pantai Petanahan,Kebumen

Langsung skip ke malem dah,klo di ceritain semua bs panjang hehehe. Malem nya gw di suruh jd "Satria Bagus" alias Pager Bagus, mata sepet krn belom sempet tidur,di kereta jg cuman tidur ayam doank. Tp ttp ga mengurangi muka ganteng gw buahahahaha.

Jum'at, 16 Maret 2012

Pagi nya kita langsung meluncur ke Jogja untuk menyelsaikan misi kita sebenernya (ceileeeeh kyk James Bond) naik Bus ke Terminal Giwangan,buat ke Gunung Kidul kita sengaja nyewa motor di Jogja nya,krn setelah di itung2 lebih murah klo naik motor dan lbh gampang buat ke lokasi Goa Pindul dan Pantai. Jam 10.00 kita sampe di Giwangan,lgsng ketemuan sama rental motor trs lgnsg menuju Pathuk,Gunung Kidul yg kebetulan itu kampung nya si Eko1 dan kita jg rencana mau nginep drmh mbah nya Eko1 tp transit dulu drmh Pa'de nya buat soljum. Selesai soljum kita makan siang dan langsung menuju ke Goa Pindul buat cave tube dan rafting tube sungai Oya di Bejiharjo,Wonosari menaiki motor matic scoopy dan vario dgn jalan yg berkelok2 kyk di Puncak Bogor tp ini lawan nya kebaanyakan truk dan bus.
Cave Tube Goa Pindul