Wednesday, December 28, 2011

Backpacker Ujung Genteng,Sukabumi 24-26 Des 2011 Part 1

Wah udah lama jg nih kyknya ga ngeramein blog dgn cerita2 backpackeran,maklum pd sibuk ngurusin masa dpn masing2 dulu hehe. Dari postingan sebelumnya udah ada rencana kita mau nge-gembel lg,cuman msh di rahasiain lokasi nya hehe. Yak langsung mulai aja dah,sebenernya akhir taun 2011 ini mau kita tutup dgn backpacker ke bali,ya krn terbentur dana jd kita pindah haluan dah. 1 bulan sebelum hari H kita rembukan drmh Wisnu (salah satu rmh yg di jadiin basecamp)dan hasilnya kita tetapkan nge-gembel taun ini ke Ujung Genteng usul dari salah personil (Si Nung,dia yg ngusulin malah dia yg ga ikut -- ngeselin bgt dah).

Lagi2 nge-gembel kali ini kita ga tau trek tujuan kita,kesana naik apa,tidur dmn,butuh budget brp,untung skrg jaman udah ada internet hehe jd lgsng kita cari data2 di internet terutama di blog orang yg kita jadiin semacam kyk primbon gtu dah,buat acuan kita dsna. Kita punya niat dsna kita mau nge-camp ya walaupun bingung mau nge-camp dmn,tp yg gw baca ada yg pernah nge-camp dsna tp ga tau dmn,ya untung2an aja dah.

Sebenernya kita bkn nge-gembel sih,krn dsna ga gembel2 amat,backpacker kali yak yg bener,tp anak2 biasa nyebutnya ng-gembel,dgn moto “Biar Gembel yang Penting Sombong”,kata si Jamal hahaha. Oia ada yg beda nge-gembel kali ini,total personil kita yg ikut ada 11 org (wuih banyak jg),sebutin satu2 dah biar kenal.

1. Adi/Anugrah <-- gw sendiri (yg kata2 org2 gw sih item2 manis gitu)
  2. Jamal <-- yg otaknya kepake pas lg nge-gembel doank haha (tp kmren baru ketauan klo dia ga pinter klo urusan ngitung menghitung)
  3. Eko1 <-- org yg selalu jd bahan cengan anak2 (yang celana nya bolong mulu,ampe CD nya jg bolong wakakakakakk)
  4. Eko2 <-- seksi konsumsi (pokok nya klo ada acara kumpul2 dia yg paling suka bawa wafer,tau dah dpt drmn?ngambil dari warung nya kali hehe)
  5. Reza <-- akuntan kita klo lg jalan2 (yg selalu ngitung pemasukan dan pengeluaran selama perjalanan)
  6. Ryan <-- dia personil kita dari awal,tp ga pernah ikut kita nge-gembel,cuman sekali doank ikut touring ke Cibodas abis itu ga pernah lg.Alesan nya selalu gawe)
  7. Ayu <-- dia itu ……..???? (susah dah jelasin nya,biar si Rian yg jelasin :D)
  8. Riries <-- yg ini mgkn satu2 nya cwe yg mau sama org Kurang Ganteng (bkn jelek,tepat nya kurang ganteng :D) dia pacar gw sendiri wuehehehe jd malu
  9. Nisa <-- salah satu personil yg kmren akhirnya di bolehin buat ikut backpacker sama ortunya
  10. Faiz <-- dia tmn gawe gw,kebetulan ade kelas nya anak2 pas lg di SMP 199,anak salah satu guru Fisika di stu
  11. Moko <-- klo dia tmn sekelas gw di STM Pembangunan,salah satu Kepala Suku di Tekaje Ceria (komunitas anak TKJ angkatan 33)
Dah ah kebanyakan ngemeng,lgsng cekidot aja dah:

Sabtu, 24 Des 2011
Jum’at malem nya udah di tetapin yg ikut ada 11 org,kumpul drmh gw jam 15.00 WIB. Niat awalnya kita brgkt abis magrib tp jadwal di majuin jadi jam 17.00 semakin cepat semakin bagus lah (biar ga kena macet jg,pas malem natal soalnya,malem minggu jg lagih). Rencana awal kita berangkat dari Kp.Rambutan-Sukabumi tp kta si Reza dari Bogor ada bis lgsg ke Surade (Bis MGI),okelah kita ke bogor dulu. Dari rmh naik Koasi 03 ke Pd.Kopi - lanjut Metromini 52 ke Stasiun Tebet,tp di Buaran kita kejebak macet parah ywd kita putusin naik kereta aja ke Bogor mumpung msh ada,kita transit dulu di Manggarai trs lgsg naik kereta jurusan Bogor.
Jam 20.00 kita sampe di stasiun Bogor,lgsng naik angkot ke Terminal Baranangsiang. Di sana kita lgsng di tawarin banyak angkot,kita tanya2 bis MGI jurusan Surade ada gak,kta salah satu kenek ga ada bis MGI jurusan Bogor-Surade (waduh,ujung2 nya kita ke sukabumi jg dah) ywd kita tanya2 dah angkot jurusan Sukabumi. Nah dsni nih kejadian koplak nya si Jamal,krn dia bisa bhs sunda,dia dah yg tawar menawar sama kenek Elf jurusan Sukabumi deal dgn harga 280rb sampe Terminal LemburSitu ber-11 org. Pas udah di Elf si Jamal baru sadar td si kenek bilang ke Sukabumi per-org 15rb trs angkot dari Terminal Sukabumi ke Terminal LemburSitu per-org 5rb. Nah coba kita itung2

Bogor-Sukabumi........................= 15.000x11 = 165.000
Sukambumi-LemburSitu..........= 5.000x11_=_ 55.000 +
Total....................................................................= 220.000

Hahaha kita tawarnya 280rb,dasar si Jamal koplak dah.Pas di mobil kita coba blg lg dah sma di supirnya,kenek yg td ternyata tuh cuman calo doank (wuaaassssseeeem dah). Si supir bilang kita tuh jatoh nya nyarter,krn seharusnya itu Elf di isi 16 org,malahan kurang sbnrnya (ah alesan si supir aja tuh). Pas di jalan dia nawarin lgsng ke Surade tp bkn naik Elf nya dia,pindah mobil dgn supir yg berbeda,di tengah jalan blm sampe T.lemburSitu dia berhenti buat nyamperin tmn nya yg buat ke Surade,dia nawarin harga ke Surade 50rb/org (bussset dah mahal amat) di sini nih kita mulai ngerasa di akal-akalin sama si supir (payah dah manusia mau nya nyari untung doank) lgsng aja kita bilang “Maap deh pak,kita mau istirahat dulu di T.LemburSitu,yg lain nya jg msh pd capek”. Ywd pergi dah tuh org (enak aje mau nge-boongin kita lg).

Dalam perjalanan menuju LemburSitu gila nih supir bawa nya udah kyk pembalap F1 (untung nya gw udh pnh ngerasain yg lbh dari ini hahaha). Tengah perjalanan si Eko2 udah mulai menunjukkan muka pucat (wah tanda2 pgn mabok nih org),tuh kn bener,tau2 si Eko2 ngomong ke gw “Di,suruh brenti mobilnya”, sambil tangannya nutupin mulut wakakakakakk. Ywd gw suruh brenti dah tuh supirnya,lgsng keluar dari mobil si Eko2 dgn mulut di tutup tangan nya (uweeeeek…uweeeekkkk..uweeekkkk…) hahaha untung gw ga ikut2an mabok.

Minggu,25 Des 2011 Jam 00.30
Alhamdulillah kita sampe jg di T.LemburSitu, lgsng ngaso kita di warung yg udah tutup,ya sambil nyari2 info angkot yg menuju Surade. Sebagian istirahat,sebagian nya lg solat krn blm solat Magrib sama Isya sekalian nyari WC jg. Pas lg ngantri ambil wudhu,pas si Nisa keluar dari WC tiba2 lgsng jatoh dia (wadduh..kaget smua) lgsng aja kita gotong trs rebahin di kursi. Ternyata kakinya doi tiba2 kram,udah takut aja kita semua (takut pingsan krn kecapean) tp alhamdulillah Si Nisa gak knp2. Akhirnya kita dpt Elf menuju Surade,kita tawar 22rb,Ok kenek nya mau. Setelah selesai solat semua,barang2 semua kita taro atas mobil kecuali makanan (takut laper di jalan :D). Selama perjalanan gw ga bisa tidur,palingan cuman tidur ayam,yg lain jg sebagian ada yg bisa tidur ada jg yg cuman tidur ayam.Gw sama Eko1 duduk ddkt pintu,angin nya dingin beudh dah.Jam 03.30
Sampai lah kita di Surade dgn perjalanan yg berkelak-kelok,sempit,berlubang,kanan kiri hutan,trs sepi pula. Pas nyampe tuh kita bingung tiba2 banyak ojek yg ngerubung di dpn pintu mobil,si supir ga bilang klo kita tuh sbnr nya udah nyampe,bingung kita (ini udah nyampe apa blm ya?) tp si tukang ojek pd teriak “surade..surade..” sambil nawarin ojek. Waduh ternyata kita udah nyampe,lgsng aja kita turunin tas2 yg udah lepek krn dlm perjalanan ternyata ujan.

Kita di tanyain mulu sma Ojekers hahaha,ywd kita bilang “Kita mau istirahat dulu pak sambil nunggu pagi” dan pas bgt dsna ada masjid yg lumayan gede (pas lah buat rebahin badan,istirahat,solat subuh). Kita lg istirahat msh ada aja dah tkg ojek nawarin jasa,kita blng aja “Mau istirahat dulu pak,sekalian solat subuh dulu” ywd pergi dah tuh org. Eh bbrp menit lg dia nongol lg,nanyain tujuan nya mau kmn,ywd dah lgsng aja gw blng kita mau ke Curug Cikaso,Curug Cigangsa,Goa Sungging,Ujung Genteng. Dia manggil tukang angkot,terjadilah kembali tawar-menawar (sbnr nya sih blm minat buat tawar-menawar krn niat nyari angkot nya ntar pagian aja) krn klo pake calo (alias tukang ojek,pst lbh mahal). Si supir angkot yg bernama Barudi (tau pas kenalan di angkotnya) kasih harga 350rb buat sewa seharian lgsng aja gw tawar 200rb dan deal dgn harga 250rb dah (yg pnh gw baca di blog org2 sewa angkot seharian tuh abis 300rb,lumayan dah kita bs lbh murah)
Jam 05.30 ok kita lgsng menuju ke lokasi2 wisata yg udah di catet di daftar kita,lokasi tujuan pertama kita adalah Curug Cikaso,kira perjalanan sekitar 30 menit dari Surade. Menurut info klo kita ksna ada 2 jalur, via perahu & via jalan kaki,kita sih pgn nya via jalan kaki aja krn kita mau nyari yg cost nya kecil. Pas nyampe loket msh dlm keadaan tutup (mungkin krn kita terlalu pagi) ywd kita lgsng nyelonong masuk aja,minta di guide sama supir yg kita sewa seharian (Kang Barudi) klo via jalan kaki lewat mana. Eh pas udah jalan ada seorang laki2 yg manggil kita,suruh ke loket, Disana kita di suruh beli tiket masuk dan tiket perahu,kita udh coba nego klo jalan kaki aja ga ush naik perahu,kita ga di bolehin sama salah satu penjaga tiketnya,krn takut merusak tanaman padi yg lg di tanam oleh warga setempat.

Ywd dgn terpaksa kita beli dah tuh tiket perahu 10rb/org ; tiket masuk 2rb/org ; krn kita ber-11 kita tawar aja 100rb buat ber-11 org. Kita naik perahu sampe Curug Cikaso kira2 cuman 10 menit kali (ya ampuuuuun,bentaran bgt nih naik perahunya,mendingan gw naik odong2 drmh dah 10rb bisa ampe 1 jam ckckckck) untung aja view pemandangan nya bagus jd ga rugi2 amat dah,suasana pas di perahu tuh berasa di sungai Kalimantan kyk nya dah,kanan kiri nya pepohonan rawa (kyk di film Anaconda hehehe).
Jam 06.30 sampe juga kita di Curug Cikaso,Subhanallah keren euy curug nya arus nya deres bgt sampe2 yg kita pikir dari kejauhan itu kabut dan ternyata itu tuh percikan air dari Curug Cikaso,mgkn krn curah hujan lg gede,jd airnya deres bgt. Setelah kita nikmatin air terjun trs poto2 lgsng aja kita gelar lapak buat bikin sarapan (kita bawa kompor kecil buat masak2,lumayan buat ngirit cost :D) menunya Mie Goreng (alesan nya biar ga ribet dan murah+kenyang wuehehehe). Oia perahunya tuh di batesin cuman 3 jam doank,klo lwt dari 3 jam kita kena cas 40% dari biaya sewa (gile bener nih orang,matre jg ternyata),trs yg bikin kita kesel lg tuh,pas lg masak ternyata ada warga sana yg berkunjung ke curug tp via jalan kaki,ga naek perahu (wah diskriminasi nih namanya,giliran kita ga di bolehin jalan kaki,wuassseeeemm bgt dah) ywd lah kita mencoba untuk ikhlas. Dari Cikaso kita lanjut lg ke Curug Cigangsa,kira2 sama butuh waktu 30 menit dari Cikaso.
Jam 9.00 kita sampe di Curug Cigangsa,yg gw baca di internet curug ini klo lg kering bisa foto2 di atas air terjun nya,tp pas kita dtg krn curah hujan lg tinggi di daerah situ,arus nya lumayan deres. Dengan biaya masuk Rp 2000/org (di sni kita ga perlu perahu,cuman jalan kaki doank. tp beliau nawarin perlu guide ga?kita blng aja udh pernah ksni hahaha pdhl mah belom.ywd kita cman di nasehatin hati2 batunya licin). Perjalanan dari dpn ke curug sih ga nyampe 1km,tp lumayan bkin pegel krn trek nya turun,apalagi pas pulang nya trek nya jd nanjak,jd makin pegeul dah. Wooooow Curug Cigangsa ga kalah bagusnya sama Cikaso,yg gw liat sih curug nya itu kyk terdiri dari tembok2 kerajaan atau benteng kerajaan gtu,krn batu nya tuh kyk tersusun rapih gitu tp ga tau jg sih gmn sejarahnya. Ternyata bener batu nya licin bgt dan klo kepleset tuh bahaya bisa jatoh ke bawah yg batu2 semua (sereeem dah). Seperti biasa kita narsis2an dulu dsna hehehe.
Abis dari Cigangsa sbnr nya kita mau ke Gua Sungging,tp info2 nya tuh klo kesana ga murah,sewa lampu petromak nya aja bisa 150rb trs bayar guide nya (kuncen nya) minimal 100rb (waduh mahal boneng) ywd kita bicarain dan akhir nya mendapat kesepakatan Gua Sungging kita lewatin aja dan ubah TKP ke Amanda Ratu,dsna katanya ada batu besar di tengah laut (siapa yak yg mindahin tuh batu ke tengah laut,iseng aja tuh org hehehe) klo di Bali tuh nama nya Tanah Lot. Orang2 sih nyebut nya Tanah Lot nya Sukabumi,dsni ga di tarikin biaya masuk,kita cuman bayar parkir aja krn sebenernya Amanda Ratu tuh Pondok Penginapan tp krn posisi nya dkt Tanah Lot nya Sukabumi jd org sering mampir ksni cuman buat liat2 doank.

Kyk nya ceritanya udah kepanjangan dah,gmn klo kita lanjut aja ke part 2 aja, klik aja nih link nya Backpacker Ujung Genteng,Sukabumi 24-26 Des 2011 Part 2

5 comments:

suliz mutzciel said...

wach.. ternYata Anu sUka nge-geMbeL yaa :-D

Para Gembel Gembel said...

biar GEMBEL yg penting SOMBONG :D

Sidiq Bachtiar said...

keren mas, bro...sayang waktu itu ga jadi kesana.. semoga kapan-kapan bisa

Salam kenal :D

Abraham Noah said...
This comment has been removed by the author.

Salam kenal mas bro

Baca artikelnya jadi nambah wawasan nih.

Pengen banget liat curug cikaso.

Kok curug cikasonya kelihatannya keruh yah airnya.