Friday, March 4, 2011

Gowes Bandung-Garut, 19-20 Februari 2011

Muncul lagi ide untuk jalan2,jalan2 kali ini cuman bisa di hadiri 3 orang (gw Adi,Aziz,Jamal) krn tema jalan2 kali ini adalah Gowes Bandung-Garut. Ya yg bs ikut yg cuman punya sepeda,derita yg ga punya sepeda dah hehehe. Ide awalnya sih pgn gowes Jakarta-Bandung tp jadinya Bandung-Garut. Kita mulai dah ceritanya.

Sabtu, 19 Feb 2011, 05.00 WIB perjalanan kita mulai dari rumah gw menuju stasiun Jatinegara,jam 04.30 sempet ujan deres tp alhamdulillah ujan nya reda. Berangkat dengan berbecek-becek ria,di perjalanan menuju stasiun langit mulai tdk bersahabat,di LP Cipinang ujan tiba2 deres,kita lgsng belok masuk ke LP,pake jas ujan trs lanjut lg (nanggung bgt sebenernya). Pas banget nyampe stasiun jam 6 kurang,untungnya telat keretanya ampe jam 06.30. Langsung kita bongkar ban sama pedal,rapihin raincoat trs nunggu kereta deh.
Alhamdulillah kereta dtg juga dan sepi,oia kita naik kereta Argo Parahyangan jurusan Bandung yg kelas bisnis cuman 30rb doank. Frame kita taro di pintu yg ketutup yg disebelah timur,ban nya kita taro bawah kursi. Krn ga sempet sarapan pagi drmh,kita bungkus nasi dari rumah buat mkn di kereta.
Sabtu, 19 Feb 2011, 10.00 WIB sampailah kita di stasiun Bandung,langsung kita rakit sepeda,baca bismillah dulu agar perjalanan lancar & selamat sampai tujuan. Dengan captain Jamal masuklah kita ke jalan besar menyatu berbagi jalan dgn mobil dan motor. Awal gowes cuaca cerah+udara dingin enak bgt buat gowes,pas udah masuk Jl.Soekarno Hatta wuih panasnya ampun dah,ya emang udah resiko gowes jarak jauh.
Sabtu, 19 Feb 2011, 12.00 WIB Jl.Soekarno Hatta udah terlewati dgn mudah tanpa hambatan (krn jalannya msh datar alias jarang ada tanjakan). Gowes di tengah teriknya matahari siang gini bikin tenggorokan cepet haus,kondisi fisik mulai menurun ditandai dgn napas yg mulai ngos-ngosan dgn jalur yg naik turun di daerah cileunyi, mungkin ga terlalu nanjak bgt sih tp lumayan berasa jg klo naek sepeda,apalagi panas nya yg GILA banget. Si Aziz mulai down fisiknya krn kakinya sedikit kram,akhirnya kita jalan pelan2 dan banyak ngaso (terutama gw yg banyak ngasonya :D) Saking asiknya gowes ampe lupa makan siang,kita cari dah tuh warung makan yg murah tp kenyang,mampirlah kita di RM Padang di Jl.Raya Nagreg. (oia sori poto di bawah ini tanggal di potonya ga bener, salah setting di kameranya)
Sabtu, 19 Feb 2011, 12.00 WIB udah kenyang langsung kerangkat lagi menuju Garut,masuklah kita di turunan Nagreg yg kata orang2 tajem banget turunan nya (untungnya kita dari arah Bandung,jd ga ngerasain nanjak hehehe) Wuih mangstab ini turunan nagreg,kita kudu turun pelan2 karena takut rem blong, apalagi samping kita bus2 sama truk2 gede. Wuuss manteb turunannya,kita lewatin dgn sangat2 mudah tanpa keringet hehe. Si Jamal yg paling gila dgn gaya nunduk seolah-olah untuk mengurangi gaya aerodinamis biar makin ngebut gitu katanya. Ampe mobil kaga di kasih lewat sama Jamal.

Nyampe bawah ngaso dulu kita sambil mikirin bsk pulang nya gmn yak?tanjakan nya ampun dah bikin mental down duluan. Akhirnya kita memutuskan bsk pulang naek bus aja dah dari garut,ampun dah sama tanjakan nya hehehe. Kita ke agen bus dulu,lokasi nya di atas alias nanjak lagi. Kata si Jamal sih ga nyampe 1 km ke agen bus, tp kenyataannya??ASEM dah si Jamal,hampir 2 km ke agen bus dgn kondisi jalanan 90% nanjak.
Sabtu, 19 Feb 2011, 12.00 WIB Oke naik bus dari agen bawa sepeda bisa tp kudu nambah biaya tambahan lg buat bagasi naro sepeda. Berangkat lagi menuju rmh kakak nya jamal di atas gunung,kira2 dari agen sekitar 10 km lg dengan jalanan hampir 100% nanjak. Kondisi fisik sisa 10% kayaknya dah,terbukti gowes di jalan ga terlalu nanjak aja udah ngos-ngosan dgn napas senin kamis.
Nyampe dah di gapura masuk ke kampung rmh kakak nya Jamal,trek pertama langsung di suguhin tanjakan yg wow manteb jg dgn kondisi jalan bebatuan kali. Kondisi fisik tinggal 1% kayaknya dah,ga kuat lg gowes nanjak cuman Jamal doank yg sanggup. Akhirnya gw sama Aziz dorong sepeda ampe rumah,haduh dari bawah ke rumah aja 1 jam lebih padahal cuman 1 km ke atas,tp 100% tanjakan kaga ada turunan-turunan nya pisan dah.
Sabtu, 19 Feb 2011, 17.00 WIB Alhamdulillah sampe jg kita di rumah kakak nya Jamal,langsung ngelurusin kaki,rebahan,minum. Wow mangstab juga tuh jalur dari bawah ampe atas kaga ada turunan nya,tanjakan semuanya. Uniknya pas kita nyampe bocah2 kecil langsung pada ngerubungin (udah kyk artis haha),sepeda di liat-liatin sambil ngomong bahasa sunda yg gw ga ngerti (klo bahasa jawa ngerti2 dikit lah gw). Daki di badan udah numpuk krn pas berangkat ga mandi hehe,kaki banyak oli,mandi dah kita dgn air yg dingin. Abis mandi perut laper,di suguhi lah kita makan malem,walaupun seadanya (nasi+telor dadar+ikan asin+sambel tomat) tp nikmat bgt apalagi ada sambel tomatnya emmm MAKNYOS dah (sambel andalan kakak nya Jamal tiap kali Jamal maen ke Garut) tp emang bener enak bgt tuh sambel,bikin ketagihan. Jam udah menunjukkan pukul 20.30 WIB,krn fisik kita udah letih kita semua tidur lebih awal di temani sarung karena udara yg dingin.

Minggu, 20 Feb 2011, 06.00 WIB Setelah solat subuh kita duduk2 di teras rumah sambil di temani segelas teh panas dan bala-bala (bakwan). Sebelum mandi,kita nikmatin sejuknya & dingin nya udara pedesaan Garut (tepatnya di Desa Karya Mukti,Kecamatan Cibatu). Selesai mandi kita kembali di suguhi sarapan pagi dengan menu yg juga sangat sederhana (Nasi+Ikan Lele Jumbo ambil dari empang+sambel tomat andalan yg MAKNYOS) perut kenyang,mantab dah sambelnya,pasti bakalan kangen gw sama Garut. Selesai makan ngecek kondisi sepeda,soalnya pas malem ban sepeda gw bocor mungkin krn kena batu tajem,untung nya bawa tools buat nambel ban,alhamdulillah paginya udah ga bocor. Emang dasarnya muka kita mirip artis papan gilesan,lagi-lagi bocah2 pada ngerubungin kita pas lg ngecek sepeda,lumayan tuh klo di tagihin seceng-seceng hehehe.
Minggu, 20 Feb 2011, 09.00 WIB Kondisi sepeda udah OK,kita packing2 trs pamit dah. Sebelum pulang kita mampir dulu kerumahnya Jamal di Cibatu kotanya,kira2 perjalanan 1 jam lah kesana. Pulang kita lewat perkampungan dan persawahan,makin unik aja anak2 kecil di sana,kita di buntutin pas pulang nya (udah kyk ngegiring topeng monyet hahaha) akhirnya tuh bocah2 di suruh pulang (takut di cariin sama emak nya) tp sebelum pulang kita sempetin poto bareng mereka dulu buat kenang-kenangan.
Selesai narsis-narsisan di atas,kita langsung menuju rumah nya jamal di Cibatu Kota. Alhamdulillah perjalanan pulang 90% menurun dan sangat2 menurun (alias turunan nya itu sekitar 70°, pokok nya mangstab dah turunan nya). Rem depan-belakang gw tarik sekeras-kerasnya secara bersamaan,klo misalkan tuh rem blong gw pasrah aja dah,nyungsep-nyungsep dah ke sawah. Klo tuh sepeda bisa teriak,teriak kali dia karena rem nya gw tarik sekeras-kerasnya. Jamal sama aziz sih enak krn rem nya cakram,cuman sepeda gw doank yg msh v-brake,maklum sepeda murahan hehe.
Sampailah kita di rumah Jamal, kita langsung istirahat,tidur sebentar,beres2,makan siang dan siap pulang ke jakarta. Karena kaki+badan udah ga sanggup gowes Garut-Bandung (apalagi udah ngebayangin lewat Nagreg,haduh ampun dah) kita putuskan buat naik bus Budiman dengan ongkos 50rb/orang+sepeda.

Minggu, 20 Feb 2011, 15.00 WIB sesampainya di agen langsung kita bongkar sepeda (lepas ban+pedal) ga lama kemudian bis nya dateng,sepeda masukin bagasi yg kebetulan kosong. Terus duduk manis di bis dah ampe Jakarta.
Minggu, 20 Feb 2011, 18.30 WIB Sampailah kita di Terminal Bekasi,ngerakit sepeda trs pulang dah. Pengalaman baru gowes Bandung-Garut,bener2 perjalanan bersepeda yg seru banget. Insya ALLAH next time pengen jajal gowes Jakarta-Bandung,tp klo fisik sama mental udah siap :)

--------------------
"Bye Garut"
--------------

warm regards,
anugrah

5 comments:

Koendil said...

alhamdulilah...ane baca cerita ente seru banget kayanye..pas ada moment foto bareng wong cilik backgroundnye pegunungan, bener bener eddan sampean pak...mangstab ! ane tunggu kisah kisah berikutnye pa..

Terus berkarya pak !

anugrah said...

makasih mas koendil udah mau sempetin baca,nanti di ceritain kisah2 lain nya.

oia ane msh bujang mas,blm bapak2 hehehe

ayie_m said...

kirain itu beruang madu lagi sirkus pake sepeda...

hahaha....

Whatever i'm Backpacker said...

ini nih yang belom pernah gue coba..goweeeeeesss...

kalo gowes tuh gue percaya bisa berhenti ngerokok yah?? abis gowes...berhenti..ngerokok...gowes ;agi..berhenti lagi..ngerokok lagi...huahhaha..

itulah makna dari berhenti ngerokok. huahaha

Para Gembel Gembel said...

@Whatever i'm Backpacker :wuehehehe bisa aja ente gan,thanks ya gan udah mampir dan meninggalkan jejak :)