Wednesday, January 5, 2011

Backpacker Semarang, 25-28 Desember 2010

Seperti agenda2 kita di tahun sebelumnya,ngebolang di akhir taun,walaupun selalu ngga ampe taun baruan disana. Sebelum taun baruan kita udah di jakarta lagi,karena kesibukan masing2 personil. Akhir taun 2010 ini kita ber-6 (Adi,Jamal,Eko1,Eko2,Nung,Reza) ngegembel di Semarang tanpa ada yg pernah ke Semarang sebelumnya,jd kita bener2 buta dgn daerah Semarang. Hanya dgn bermodalkan niat dan uang secukupnya akhirnya kita berangkat.

Sabtu, 25 Desember 2010 perjalanan start jam 11.00 dari St.Pondok Kopi menggunakan KRL ekonomi AC ke St.Ps Senen. Sampai di St.Ps Senen lgsg nyari tempat duduk,kita naik kereta kelas ekonomi yaitu kereta MATARMAJA jurusan Ps.Senen-Malang. Kereta berangkat jam 14.00 dan sampai di St.Semarang Poncol jam 23.00. Karena dgn alasan pengiritan biaya,kita bermalam di stasiun sampai matahari terbit dan melanjutkan perjalanan.
Minggu, 26 Desember 2010 jam 06.30 kita keluar stasiun dan menghirup udara pagi kota Semarang untuk yg pertama kalinya.
Jam 06.00 kita langsung menuju Candi Gedong Songo yg terletak di Ambarawa tepatnya di Desa Candi,Kecamatan Bandungan dgn menggunakan bis 3/4 di lanjutkan dgn angkot.
Setelah puas menjelajah komplek candi,jam 14.00 kita kembali ke kota untuk mencari penginapan. Karena lagi2 alasan pengiritan biaya,ke jalan raya kita berjalan kaki mencapai 3 km dgn track menurun (untungnya turun,coba klo nanjak,gempor dah kaki) sambil mencoba memberhentikan mobil bak terbuka yg bisa di tumpangi,ternyata sampai bawah ngga ada mobil yg bisa di tumpangin (apes dah). Pas lg ngaso di pom bensin eh ada mobil bak yg lg bawa drijen air,trs ada anak gunung yg minta tumpangan sama tuh supir mobil,kita jd ikut nimbrung nebeng dah karena tujuan mereka searah sama tujuan kita.

Sampailah kembali kita di Kota Semarang tepatnya di Tugu,kita langsung mencari penginapan di daerah Simpang Lima. Setelah tanya2 ke orang ternyata ngga ada hotel murah di Simpang Lima yg ada hotel2 berbintang,kata bapak2 tukang parkir di Jl.Imam Bonjol banyak hotel2 murah. Kita langsung bergerak ke Jl.Imam Bonjol,nanya sana nanya sini akhirnya ketemu juga Jl.Imam Bonjol blm ketemu juga hotel yg murah,akhirnya minta bantuan tukang becak buat nyariin hotel murah. Wow ternyata hotel di Jl.Imam Bonjol sangat2 murah,harganya bervariasi mulai dari Rp 30.000 s/d Rp 90.000 tapi rata2 hotelnya serem2 karena bangunan hotelnya bener2 bangunan tua. 5 kali keluar masuk hotel akhirnya dpt hotel yg pas,terletak di dekat pasar Johar samping Masjid Agung Kauman. Namanya Hotel Semarang,harganya sangat2 pas sama kantong2 kita yaitu Rp 50.000/malam buat 3 orang,kita pesen 2 kamar buat 2 malam. Ngga perlu bagus2 lah hotelnya yang penting bisa ngelurusin badan sama sama bisa mandi.
Malamnya adalah pertandingan Final AFF leg pertama Malaysia vs Indonesia,jam 07.00 kita langsung menuju Simpang Lima naek becak buat nobar Final AFF leg pertama Malaysia vs Indonesia. Ternyata yg nonton banyak juga,walaupun hasil akhir pertandingan Indonesia hrs kalah 0-3 dari Malaysia.

Pulang dari nobar kita nyari kulineran di sekitar Simpang Lima,mampir lah kita di warung tenda (punya feeling kyknya mahal nih harganya,tp yaudah lah masuk aja) kita pesen nasi liwet,soal rasa kyk nya biasa aja sih (apa karena blm pernah jajalin nasi liwet :D) pas mau bayar si mbah ngitung2 di sebuah kertas kosong (tulisannya agak jelek :D) dan keluarlah hasilnya dimulai dari kepala 1 dilanjut muncul angka 8 trs muncul angka 0 trs si mbah nya nambahin lg angka 000 (HAH???180.000???MAHAL GILAAAAAAAA) akhirnya dgn rasa berat hati kita patungan ngeluarin duit lebih,pulang dari situ di jalan pada nggrutu khusus nya si Jamal yg paling gede ngocehnya hahaha. Menurut info ternyata makanan di Simpang Lima emang mahal2.

Pas td kita berangkat naek becak dari hotel ke Simpang Lima, si abang becak nawarin nomor hp nya, klo pgn pulang suruh tlp dia aja ntar dia samperin ke tempat td kita di turinin. Niatnya kita pulang pgn naek becak lg menimbang jaraknya lumayan jauh dan sekalian ngisi tenaga buat bsknya. Karena gara2 td makan dgn harga yg sangat2 MAHAL akhirnya di putuskan kita jalan kaki aja ke hotel (lumayan ngirit 5.000) di kira2 jarak ke hotel (di tambah acara nyasar) jadi sekitar 5 km (kaki serasa mau copot aja neh). Di jalan mikirin alibi ntar klo di tanya sama abang becak yg tadi knp ga tlp. Ternyata bener,pas nyampe hotel ketemu si abang tukang becak,trs dia ngomong "tadi saya susul mas ke tempat tadi,tp mas2 nya ngga ada". Trs alibi kita "iya mas tadi kita di anter temen pake mobil" (ngok..ngok..ngok di anter pake mobil tapi badan keringetan,trs temen darimana?orang ngga ada yg punya temen di Semarang wuahahahahaha alibi yg aneh). Ketemu kasur langsung ngelurusin badan & kaki,trs maen uno dulu bentaran sambil ngerebus mie (perut msh berasa blm penuh), udah kenyang langsung tepar.
Mulai bermasalah dgn kantong, keputusan bersama lagi2 di terapkan yaitu bsk kita makan mie goreng aja plus nasi (nasi beli di warteg, sebungkus cuman 2.000 lumayan bisa bikin kenyang bego)
Selesai makan dan mandi (tp yg mandi kyk nya cuman si Reza sama eko2 doank,yg laen au dah mandi kaga) kita menuju St.Semarang Poncol (udah ketebak ke stasiun pake apa hahaha) beli tiket kereta Tawang Jaya jurusan Semarang Poncol-Ps.Senen buat tgl 28 malemnya. Loket tiket di buka jam 12.00 pas nyampe di stasiun buset yg ngantri panjang amat dan ternyata di St.Semarang Poncol ngga bisa mesen tiket buat hari besoknya,tiket di jual hanya di hari H keberangkatan keretanya (tapi klo di jkt bisa pesen tiket kereta ekonomi dari jauh2 hari sebelumnya biar dpt tempat duduk gitu,mungkin biar ga ada calonya kali)
(continue.....)

7 comments:

Broadcasting said...

mantab dah,,,,d'gembelz semakin mendunia,,,amien

Para Gembel Gembel said...

yoay..klo udah pada sukses tinggal nge-backpack keluar negri dah.amin

roedi said...

mantap wak pengalamanya......

Para Gembel Gembel said...

thanks om roedi

Anonymous said...

Bagus ini, bisa buat referensi saya untuk ke semarang, Tapi mulai tahun 2012 beli tiket KAI sdh lebh gampang.

News Of Tourism said...

Hahaha. . .Keren lah bareng sama tmen2. . . Kpan2, coba gembel sma2 tmen2 kayaknya asik juga nih. ..

paragembelgembel said...

@anonim: skrg tiket KA lbh gampang dan pelayanan KAI sudah OK jg

@News Of Tourism: nyok om ngegembel bareng :D